Tanda Bahwa Shell Prompt Masuk Sebagai Root Adalah Seperti Ini

Tanda Bahwa Shell Prompt Masuk Sebagai Root Adalah
Tanda Bahwa Shell Prompt Masuk Sebagai Root Adalah

Shell prompt bagi bagi sebagian besar pengguna windows pasti merupakan istilah yang asing karena pengguna windows biasanya menggunakan command prompt.

Tapi apakah kalian tahu tanda bahwa shell prompt masuk sebagai root adalah seperti apa? simak artikelnya. Shell prompt dan command prompt sama saja sebagai alat menterjemahkan perintah yang diberikan atau diketikkan oleh kita. 

Sehingga command prompt atau misalnya shell prompt bisa melakukan tugas yang diketikkan oleh kita dengan baik. 

Selain itu, shell prompt pada linux, selain berfungsi sebagai alat menterjemahkan perintah yang kita berikan, juga bisa dipakai sebagai bahasa pemrograman untuk melakukan perintah yang kita masukan dalam suatu file. 

Tanda pagar merupakan sebuah tanda (#) bahwa shell prompt masuk sebagai sebuah root, tanda (#) akan muncul di bagian akhir nama user. 

misal, kalian menggunakan nama user “aman”, maka nanti di akhir nama user kalian akan muncul tanda pagar (#) atau menjadi “aman@localhost~#”

Adapun tanda ($) merupakan tanda bahwa shell prompt kamu masuk sebagai user biasa bukan root. Tanda dollar ($) sama saja akan muncul di bagian akhir nama user kalian. 

Misalnya, user nama kalian adalah “aman”, maka nanti user nama kamu akan menjadi “ aman@localhost:~\$ , dan demikian tadi adalah contoh user biasa. 

Selain itu, tanda bahwa shell prompt masuk sebagai root adalah dari warnanya. Berarti ada warna yang berbeda dan dari tanda (#) sehingga kita menjadi tahu bahwa shell prompt masuk sebagai root. 

Perbedaan antara shell prompt yang masuk sebagai root dan user biasa adalah dari menjalankan perintah. Pengguna atau user biasa hanya bisa menjalankan perintah biasa dan tidak terlalu bebas. 

Sedangkan pengguna yang masuk sebagai root bisa menjalankan semua perintah yang diinginkan. 

Jelasnya, ketika kamu ditanya mengenai tanda bahwa shell prompt masuk sebagai root adalah seperti apa, maka kamu bisa menjawab dengan tanda (#) atau memiliki warna yang berbeda. 

Kesimpulan

Itulah tadi tanda bahwa shell prompt masuk sebagai root adalah seperti apa dan juga tanda shell prompt yang biasa juga tandanya seperti apa. Tulisan di atas juga sudah menyebutkan kelebihan dari shell prompt yang masuk sebagai root dan masuk sebagai pengguna biasa. 

Jika kalian ingin mencoba shell prompt di atas, cobalah karena mungkin saja itu berguna buat kalian, jangan sungkan untuk bertanya di bagian komentar jika kamu menemukan kebingungan. 

Posting Komentar untuk "Tanda Bahwa Shell Prompt Masuk Sebagai Root Adalah Seperti Ini"