Pembagian Ruang Dalam Sebuah Hardisk Diistilahkan Dengan

Hardisk merupakan satu hal yang penting dalam sebuah laptop atau komputer. Hardisk sangat dibutuhkan karena bisa menyimpan berbagai macam dokumen, foto, video, data aplikasi, program dan lain sebagainya dan dapat diakses oleh pengguna dan bisa juga diolah oleh pengguna. 

Dalam sebuah hardisk juga dibagi beberapa ruang tertentu yang memiliki istilah sendiri-sendiri. Artikel ini akan membahas lebih jauh mengenai pembagian ruang dalam sebuah hardisk diistilahkan dengan apa? 

Pembagian Ruang Dalam Sebuah Hardisk Diistilahkan Dengan
Pembagian Ruang Dalam Sebuah Hardisk Diistilahkan Dengan

  • Partisi

Apa itu partisi dan fungsinya? Partisi hardisk merupakan pembagian ruang penyimpanan pada hardisk menjadi lebih dari satu bagian untuk menyimpan sebuah data.

Pembagian partisi ini, bisa memudahkan pengguna laptop atau komputer yang menggunakan hardisk bisa lebih efisien dalam mencari file atau sebuah program. 

Pada partisi ini, pembagian partisi memiliki keunggulan sendiri-sendiri, karena pembagian partisi ini bermacam-macam, maka pengguna bisa menyesuaikan dengan kebutuhannya. Maka itu perlu tahu dulu jenis pembagian partisi dalam hardisk. 

  • Volume

Istilah volume ini yaitu untuk menggambarkan bagian sebuah hardisk yang sudah dibagi dan memiliki label. Terdapat label C, D dan seterusnya pada sistem windows. 

Pada setiap label memiliki masing-masing fungsi yang berbeda-beda satu dengan lainnya. Biasanya dalam volume ini digambarkan dengan sebuah ikon hardisk dalam desktop. 

  • Cluster

Mendengar kata cluster, biasanya adalah sekumpulan unit kecil yang berkumpul membentuk sebuah tempat. Nah, cluster dalam hardisk ini juga merupakan unit terkecil dalam sebuah hardisk. 

Data yang terkumpul dikumpulkan dan dikelompokkan dalam cluster-cluster ini, ukuran clusterpun bervarisasi tergantung besar kecilnya ukuran hardisk yang dimiliki. Semakin besar ukuran hardisk berarti semakin besar pula cluster yang digunakan. 

  • Bad sector

Bad sector dalam sistem hardisk ini merupakan bagian hardisk yang tidak dapat digunakan lagi. Biasanya permasalahan pada hardisk ini adalah karena sudah terlalu lama, atau bisa jadi karena terlalu sering jatuh sehingga menyebabkan beberapa bagian hardisk menjadi tidak dapat dibuka. 

  • File System

File sistem merupakan bagian hardisk yang digunakan untuk mengatur dan menyimpan sebuah data dalam partisi hardisk. Setiap partisi yang dibuat memang diharuskan untuk mempunyai file system yang sesuai supaya partisi ini bisa berjalan baik dan efisien, sehingga memudahkan pengguna ketika mencari sebuah data. 

File system ini memiliki beberapa jenis yang umum digunakan, sehingga pemilihan file system ini juga penting karena beberapa jenis file system ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Pemilihan jenis file system yang baik akan memudahkan pengaturan pembagian ruang dalam hardisk, sehingga hardisk lebih optimal dan tidak cepat rusak. 

Kesimpulan

Berdasarkan apa yang sudah ditulis di atas mengenai pembagian ruang dalam sebuah hardisk diistilahkan dengan apa, pengguna bisa lebih mengenal dan mengetahui istilah pada sebuah hardisk.

Pengetahuan akan sebuah hardisk ini bisa dimanfaatkan guna menyimpan data yang banyak sehingga pengguna bisa lebih optimal dalam menggunakan hardisk dan tidak membuat hardisk cepat rusak.


Posting Komentar untuk "Pembagian Ruang Dalam Sebuah Hardisk Diistilahkan Dengan"