Yang Merupakan Aplikasi File Management Pada Sistem Operasi Linux Adalah

Kalian sedang mencari mana saja yang merupakan aplikasi file management pada sistem operasi linux? Simak artikel ini sampai selesai. 

Linux adalah sistem operasi yang sangat luas dan berkembang. Dalam sistem operasi linux ini, beberapa menyukainya karena terdapat aplikasi file management yang bisa membantu dalam pengelolaan file maupun folder. 

Yang Merupakan Aplikasi File Management Pada Sistem Operasi Linux Adalah
Yang Merupakan Aplikasi File Management Pada Sistem Operasi Linux Adalah

Sedangkan, aplikasi file management sendiri merupakan aplikasi yang bisa mengatur banyak file ataupun folder pada sebuah sistem operasi. Linux memiliki beberapa file management yang bisa digunakan, Beberapa yang merupakan aplikasi file management pada sistem operasi linux adalah sebagai berikut. 


  • Nautilus

Aplikasi file manajer yang pertama adalah Nautilus. Biasanya beberapa orang mengenal Nautilus ini dengan sebutan file GNOME. Nautilus ini adalah manajer registrasi yang standar. Nautilus menjadi pilihan sebagian orang karena mudah dalam penggunaannya. Mungkin saja Nautilus ini menjadi file management terbaik dalam sistem operasi linux ini. 


  • Dolphin

Dolphin merupakan aplikasi file management yang digunakan pada Desktop KDE. Dalam aplikasi ini memudahkan beberapa orang yang membutuhkan file management karena Dolphin ini memiliki tampilan yang bagus dan bersih. 

Navigasi yang cepat, bisa mengakses file yang disimpan dalam sebuah jaringan atau cloud merupakan keunggulan dari Dolphin ini. 

  • Thunar

Thunar bisa saja termasuk dalam file manajer terbaik dalam untuk sisitem operasi linux. Thunar ini sangat ringan dan mudah saat digunakan, Thunar ini cocok untuk pengguna komputer lama. Thunar ini merupakan pengelola file manajer yang default untuk lingkungan desktop XFCE. 

  • Midnight Commander

File manajer ini sangat ringan sekali dan memiliki keunggulan yang banyak seperti copy, paste, rename, membuat dan menghapus file dan banyak lainnya. Midnight Commander ini menyuguhkan pengalaman mengelola file manajer yang menyenangkan karena antarmuka pengguna Midnight Commander ini memiliki dua mode teks, dengan masing-masingnya menampilkan konten yang direktori. 


  • Krusader

Aplikasi pengelola file manajer Krusader ini mirip-mirip dengan Midnight Commander loh guys. Sama-sama menggunakan antar muka dua panel, bedanya Krusader berbasis grafis sedangkan Midnight Commander berbasis teks. 


Kesimpulan 


Nah, itulah tadi pembahasan mengenai pengelola file manajer pada sistem operasi linux. Ada 5 file management pada sistem. operasi linux yaitu Nautilus, Dolphin, Thunar, Midnight Commander dan Krusader yang bisa kalian coba untuk mengelola file dan folder kalian. 

Banyak sekali memang pilihan aplikasi pengelola file manajer yang disuguhkan oleh linux, sehingga pengguna bisa memiliki banyak opsi dalam mengelola file manajer. 

Dari 5 aplikasi file manajer di atas, semua memiliki kelebihan dan kekurangan, penggunaan aplikasi di atas juga harus sesuai dengan kebutuhan kalian, sehingga kalian bisa explore aplikasi file manajer yang dipakai tanpa gangguan. 

Posting Komentar untuk "Yang Merupakan Aplikasi File Management Pada Sistem Operasi Linux Adalah"