Alamat yang Dikenal dan Dapat Diakses Oleh Jaringan Lain Disebut Alamat

Apakah kalian sedang mencari jawaban alamat yang dikenal dan dapat diakses oleh jaringan lain disebut alamat? pada jaringan internet biasanya dikenal juga IP address, alamat ini digunakan kalian untuk akses internet. 

Tidak hanya rumah kalian yang memiliki sebuah alamat, perangkat kalian pada internet pun juga memiliki sebuah alamat supaya bisa menerima data internet. 

Kalau kalian pernah mempelajari mengenai internet, pasti kalian tidak akan asing dengan yang namanya IP Address atau alamat IP. Kalian perlu tahu lebih mendalam apa itu IP dan fungsinya. 

Alamat yang Dikenal dan Dapat Diakses Oleh Jaringan Lain Disebut Alamat

Alamat yang Dikenal dan Dapat Diakses Oleh Jaringan Lain Disebut Alamat
Alamat yang Dikenal dan Dapat Diakses Oleh Jaringan Lain Disebut Alamat

Alamat IP atau internet protokol merupakan sebuah alamat pada internet yang bisa diakses secara global dari manapun, dan siapapun pengguna internet pasti memiliki alamat IP ini. 

Alamat IP ini merupakan alamat unik karena alamat ini berfungsi untuk mengirim dan dan mengidentifikasi data melalui jaringan komputer. 

Lebih jauh, bahwa alamat IP ini berguna untuk komunikasi pada jaringan internet, sehingga dengan adanya alamat IP ini semua data yang akan dikirim bisa tepat sasaran.

Gampangnya ketika kalian pernah menerima paket dari e-commerce dan terdapat alamat dan nomor juga mungkin seperti itulah gambaran mudahnya mengenai IP Address ini. 

Selain itu alamat IP ini merupakan deretan angka yang mewakili sebuah identitas pada perangkat kalian ketika terhubung dengan internet atau dengan layanan jaringan internet yang lainnya. 

IP Address Ada Berapa?

IP Address ini memiliki deretan angka-angka yang berbeda-beda antar komputer karena IP atau alamat IP ini berperan sebagai identitas bagi perangkat kalian, sehingga deretan angka yang menjadi alamat akan berbeda-beda antara perangkat satu dengan lainnya. 

Terdapat dua jenis IP yang bisa kita kenal,dua jenis IP address ini terbagi menjadi dua yaitu IPv4 dan IPv6. 

IP address juga memiliki perbedaan juga yaitu privat dan publik, Perbedaan IP publik dan privat ini memiliki kegunaan masing-masing. Berikut adalah dua Jenis IP yaitu IPv4 dan IPv6. 

1. IPv4

IPv4 ini adalah alamat IP yang paling umum digunakan oleh pengguna internet, dengan panjang 32bit dan empat bagian yang biasanya dipisahkan oleh titik. 

IPv4 ini merupakan versi lama karena versi ini mulai digunakan ketika internet akan luncurkan untuk komersial, maka kemungkinan besar juga kalian sedang menggunakan versi IPv4 pada IP Address kalian. 

Lebih lanjut, bahwa versi IPv4 ini beberapa ada yang beranggapan bisa menampung lebih dari 4 Miliar alamat. Sangat luar biasa memang IPv4 ini karena memang dari awal internet menjadi konsumsi publik, IPv4 ini sudah digunakan. 

Berikut contoh atau ilustrasi dari IP Address versi IPv4 ini supaya kalian bisa mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai alamat IP. 

  • 172.17.153.2
  • 192.169.27.821
  • 172.16.237.1

2. IPv6

IP address ini merupakan alamat IP dengan versi baru untuk menggantikan versi IPv4 yang sekarang sudah terbatas bagi pengguna internet. 

Perlu kalian tahu bahwa semakin hari pengguna internet semakin bertambah banyak, maka selain perlunya penunjang jaringan internet yang dikembangkan, sebuah alamat IP juga perlu dikembangkan. 

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa IPv4 ini semakin hari semakin menipis kapasitasnya karena sudah banyak sekali pengguna yang menggunakan alamat IP versi ini. 

Spesifikasi alamat IPv6 ini berbeda dari versi yang sebelumnya, mulai dari panjang bit sampai huruf yang digunakan semuanya berbeda dan IPv6 ini jelas memiliki kapasitas yang lebih besar.

Panjang bit dari IPv6 ini lebih banyak dari IPv4 yaitu dengan panjang 128-bit, IPv6 ini ditulis dengan menggunakan rangkaian digit 16-bit dan huruf. Kalian akan melihat huruf A-F, namun bukan berarti berurutan dari A-F melainkan acak. 

IP Public

IP Public ini merupakan IP yang bisa digunakan untuk bisa berkomunikasi dengan jaringan luar dan pastinya terhubung ke internet. IP public ini diawasi dan dikontrol oleh penyedia layanan (ISP) dan tidak tersedia secara gratis. 

IP publik ini bisa diakses oleh orang banyak sekalipun berbeda perangkatnya maupun jaringannya karena IP publik ini berbayar dan fiturnya jelas lebih lengkap daripada IP privat. 

IP Private

Berbeda dengan IP public yang bisa berkomunikasi dengan jaringan luar, jaringan IP private ini hanya bisa berkomunikasi dengan jaringan lokal biasa biasanya melalui LAN, bluetooth. 

Nah IP private ini tersedia secara gratis karena jaringan privat ini tidak bisa terhubung ke jaringan internet atau sangat terbatas. 

Kesimpulan

Itulah tadi jawaban simpel dan mudah dimengerti dari pertanyaan alamat yang dikenal dan dapat diakses oleh jaringan lain disebut alamat? kalian tidak akan bingung lagi ketika mendapat pertanyaan di atas karena kalian sudah tahu jawaban simpelnya.

Posting Komentar untuk "Alamat yang Dikenal dan Dapat Diakses Oleh Jaringan Lain Disebut Alamat"