Berikut Ini Adalah Fungsi Dari Firewall yang Tepat Adalah

Berikut ini adalah fungsi dari firewall yang tepat adalah? Kalian bisa simak pembahasan berikut ini mengenai sistem keamanan dari jaringan komputer ini. 

Internet seiring berjalannya waktu tidak dapat dipisahkan dari masyarakat. Pasalnya internet ini menjadi sarana informasi dan komunikasi bagi masyarakat. 

Sehingga pada penggunaan jaringan komputer dan perangkat ponsel sekarang sudah menjamur dimanapun dan kapanpun semua orang mengakses internet. 

Namun demikian,tidak selamanya sebuah jaringan komputer akan aman saja tanpa gangguan dari pihak luar, akan tetapi terdapat gangguan yang bisa merusak jaringan komputer. 

Pada jaringan komputer, terdapat virus-virus yang bisa menyerang sistem komputer. Virus ini merupakan serangan dari luar yang berusaha merusak sebuah jaringan komputer. 

Tapi pada jaringan komputer terdapat keamanan yang bisa dipakai oleh pengguna untuk menghalangi serangan virus ini. Biasanya pengguna komputer menggunakan sistem keamanan bernama Firewall . 

Jelaskan apa yang dimaksud dengan firewall?

Berikut Ini Adalah Fungsi Dari Firewall yang Tepat Adalah
Berikut Ini Adalah Fungsi Dari Firewall yang Tepat Adalah

Firewall merupakan salah satu sistem keamanan pada jaringan komputer untuk melindungi serangan dari luar yang tidak diinginkan. 

Firewall ini bertindak sebagai pemisah antara jaringan internal dan jaringan eksternal, atau biasa dikenal dengan jaringan private network dan jaringan public network yang biasanya juga dikenal dengan internet. 

Firewall merupakan sistem keamanan yang penting sekali pada sistem jaringan komputer supaya jaringan komputer aman dan tanpa gangguan. 

Fungsi firewall ini pada jaringan komputer selain digunakan pada perangkat lunak juga bisa digunakan pada perangkat keras maupun perangkat sistem yang terdapat pada jaringan komputer. 

Berikut Adalah Fungsi Dari Firewall

Firewall memiliki fungsi yang penting pada jaringan utama komputer karena berperan sebagai sistem keamanan. Berikut ini adalah fungsi dari firewall yang tepat. 

1. Mengontrol dan Memantau Aliran Data

Salah satu fungsi penting dari firewall ini adalah mengontrol dan memantau lalu lintas data. Firewall bertugas untuk menutupi alamat IP dan juga memodifikasi data yang masuk. 

Sehingga pada fungsi ini, firewall bisa menyaring aliran data yang berbahaya supaya tidak terjadi data berbahaya yang masuk ke sistem jaringan komputer. 

2. Memblokir Konten Berbahaya

Memblokir konten pada situs web yang berbahaya juga menjadi fungsi utama dari Firewall ini, sehingga pengguna jaringan komputer bisa lebih aman dalam menggunakan akses internet publik. 

Untuk jenis konten yang ingin diakses dan kalian ingin memblokirnya, kalian bisa mengatur secara manual. 

3. Mengawasi Aktivitas Pengguna

Firewall juga memiliki fungsi untuk mengawasi dan mencatat aktivitas yang dilakukan oleh pengguna ketika menggunakan akses publik pada jaringan komputer maupun perangkat ponsel. 

Catatan yang dilakukan oleh Firewall berfungsi untuk mengembangkan sistem keamanan dan mengontentikasi akses ke sistem jaringan komputer pengguna. 

4. Mencegah Kebocoran Data

Selain memantau dan mencatat aktivitas pengguna, Firewall memiliki fungsi yang cukup penting yaitu mencegah kebocoran data pengguna supaya data pengguna tidak diakses secara luas. 

Lebih detailnya bahwa Firewall mencegah pengguna mengirim data rahasia kepada pihak lain, sehingga pencegahan ini menjadi fungsi penting pada Firewall ini. 

5. Membuat Data Game Online Menjadi Aman

Dewasa ini memainkan game online menjadi kegemaran banyak orang, tua maupun muda semua mengakses game online untuk hiburan. 

Namun, data pada game online juga rentan mengalami kebocoran, sehingga perlu sekali terdapat sistem keamanan yang menjamin keamanan data pengguna. 

Maka itu Firewall berfungsi sebagai keamanan data pengguna supaya tidak bocor, meskipun sebenarnya terdapat sistem keamanan sendiri dari penyedia game online. 

Apa kelebihan dan kekurangan dari Firewall?

Meskipun sistem keamanan Firewall dibuat dengan baik dan optimal, namun terdapat kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Firewall. 

Kelebihan Firewall

Mampu Mendeteksi Website Berbahaya

Kelebihan dari firewall ini mampu mendeteksi virus berbahaya yang menuju ke sistem komputer jaringan pengguna. Sehingga membuat pengguna dapat menghindar dari website yang memiliki resiko tinggi. 

  • Memberi Peringatan Kepada Pengguna

Ketika pengguna mengakses internet, beberapa terkadang tidak sengaja mengklik sebuah website atau url yang mengarah ke download. 

Namun ketika kalian menggunakan Firewall ini seketika kalian akan mendapat peringatan berbahaya dari download yang berbahaya bagi sistem jaringan komputer. 

  • Menjaga Penggunaan Internet di Tempat Umum

Beberapa pengguna biasanya mengakses internet di tempat umum dengan masuk ke jaringan wifi publik bukan wifi pribadi. 

Sehingga Firewall ini memiliki kelebihan menjaga perangkat dari serangan hacker melalui jaringan wifi, dengan demikian,maka pengguna bisa mengakses wifi publik tanpa takut dengan serangan virus dari server lain. 

Kekurangan Firewall

Dalam sistem Firewall juga terdapat kekurangan karena Firewall juga mirip dengan sistem keamanan yang lain yang juga memiliki kekurangan. 

  • Tidak Mampu Mendeteksi Semua Malware

Firewall memiliki kemampuan dalam mendeteksi ancaman pada data pribadi pengguna, namun demikian, Firewall juga memiliki kemampuan yang terbatas dalam mendeteksi virus. 

  • Bukan Antivirus

Firewall merupakan sistem keamanan pada jaringan utama komputer maupun perangkat ponsel, sehingga ketika terdapat virus pada perangkat pengguna, maka Firewall hanya memberi peringatan saja. 

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai fungsi dari firewall yang tepat adalah? Kalian bisa menyimak juga kekurangan dan kelebihan mengenai Firewall ini sehingga penggunaan perangkat kalian lebih teliti dan aman. 

Posting Komentar untuk "Berikut Ini Adalah Fungsi Dari Firewall yang Tepat Adalah"