Cara Mengatasi Hotspot Tidak Ada Internet?

Cara mengatasi hotspot tidak ada internet?. Bagi kalian pengguna jaringan internet dan sedang mengalami masalah koneksi atau jaringan yang tidak tersedia, kalian bisa simak artikel ini sampai habis. 

Pada sebuah ponsel, pasti dibutuhkan koneksi atau jaringan supaya dapat digunakan. Jaringan ini menjadi hal yang penting karena dengan adanya jaringan, kita bisa menggunakan ponsel dengan optimal. 

Jaringan menunjang konektivitas pengguna supaya dapat saling terhubung dengan pengguna ponsel yang berjarak puluhan bahkan ribuan kilometer. 

Namun demikian, ponsel masih dapat digunakan ketika memang sedang tidak ada jaringan, namun dengan kegunaan yang sangat terbatas. 

Jika kalian sedang mengalami paket data internet habis atau sedang gangguan pada provider kalian, kalian bisa berbagi jaringan dengan perangkat lain, yaitu dengan bantuan menu hotspot. 

Akan tetapi, pada penggunaan hotspot ini sering terjadi masalah jaringan internet tidak tersedia meskipun sudah hotspot dari perangkat lain sudah terhubung ke perangkat kalian. 

Apakah Wi-Fi dan Hotspot Itu Sama?

Cara Mengatasi Hotspot Tidak Ada Internet?
Cara Mengatasi Hotspot Tidak Ada Internet?

Wifi dan hotspot memang sama-sama digunakan sebagai alat bantu untuk menghubungkan sinyal supaya masuk ke perangkat kalian. Akan tetapi, jaringan wifi dan hotspot rupanya memiliki sedikit perbedaan 

1. Wifi 

Wireless networking (Wifi) adalah sebuah gelombang radio yang menyediakan internet dengan kecepatan tinggi untuk sebuah perangkat jaringan komputer maupun ponsel dengan menggunakan teknologi nirkabel. 

Wifi hanya tersedia pada jaringan lokal atau biasa disebut Local Area Networks (LAN). Wifi hanya bisa menetap pada suatu area saja biasanya hanya pada area sekolah saja atau perkantoran dan tanpa bisa dipindah-pindah jaringannya. 

Jika kalian menggunakan jaringan seluler, kalian bisa menggunakan jaringannya dimanapun kalian mau, akan tetapi kalau jaringan wifi ini perangkat kalian yang harus mendekat ke area yang dijangkau supaya bisa terhubung dengan jaringan wifi. 

2. Hotspot

Hotspot adalah layanan pada ponsel yang digunakan untuk menghubungkan jaringan internet dari ponsel atau perangkat kita ke perangkat lain. 

Pada prosesnya, hotspot ini membutuhkan wifi supaya dapat menghubungkan jaringan dari perangkat satu ke perangkat yang lain tanpa menggunakan kabel. 

Hotspot memiliki titik utama atau titik akses nirkabel yang menyediakan akses jaringan internet menggunakan bantuan jaringan nirkabel lokal Wireless Local Area Network (WLAN) 

WLAN ini memiliki jangkauan yang lebih kecil dari LAN, fungsinya sama-sama untuk menghubungkan jaringan internet tanpa menggunakan kabel. 

Artinya, hotspot memiliki jangkauan yang lebih kecil daripada wifi. Namun, hotspot ini bisa kalian pindahkan jaringannya sesuai dengan tempat yang kalian inginkan, berbeda dengan wifi yang hanya bisa bertempat dalam satu area saja. 

Cara Mengatasi Hotspot Tidak Ada Internet?

Salah satu keadaan yang membuat kalian geram adalah ketika kalian menyambung jaringan hotspot dari perangkat lain akan tetapi muncul tulisan tidak ada internet. 

Tapi masalah itu sebenarnya terdapat beberapa opsi mudah yang bisa kalian gunakan untuk memulihkan jaringan supaya jaringan internet kembali tersedia. Berikut adalah caranya. 

1. Mulai Ulang Ponsel Kalian

Cara mudah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan menu mulai ulang pada ponsel kalian, barangkali memang ponsel kalian yang sedang bermasalah dalam menangkap sinyal. 

  • Pertama, tekan lama tombol on/off pada ponsel kalian. 
  • Pilih mulai ulang. 
  • Tunggu beberapa menit sampai ponsel nyala kembali. 
  • Hidupkan data seluler dan menu hotspot
  • Sambungkan ke perangkat lain. 
  • Lihat jaringan internet sudah optimal atau masih tidak tersedia. 

2. Mode Pesawat

Mulai ulang ponsel memang membutuhkan waktu beberapa menit yang membuat kalian bosan menunggu, tapi ada cara mudah untuk merestart jaringan dengan waktu yang lebih efisien yaitu dengan mengaktifkan mode pesawat. 

Berikut adalah caranya yang bisa kalian praktekkan

  • Tarik ke bawah layar ponsel anda. 
  • Klik atau hidupkan mode pesawat. 
  • Tunggu sebentar dan matikan kembali mode pesawat. 
  • Setelah jaringan muncul, hidupkan data seluler dan hotspot. 
  • Coba sambungkan dengan perangkat lain.

3. Periksa Kuota Kalian

Terkadang, beberapa orang akan abai dengan sisa kuota yang dimiliki, ketika sedang asik-asiknya berselancar di internet, ternyata tiba-tiba kuota habis tak bersisa. 

Nah, muncul internet tidak tersedia ketika menggunakan hotspot bisa saja terjadi karena kuota yang sudah habis. Ketika kuota kalian sudah habis maka otomatis tidak bisa terhubung dengan jaringan internet. 

Maka jika kalian menghubungkan hotspot ke perangkat lain dengan kondisi kuota kalian yang sudah habis, otomatis akan muncul hotspot tidak ada internet. 

4. Periksa Pengaturan Hotspot

Selalu periksa pengaturan hotspot kalian, bisa saja pada pengaturan hotspot kalian hanya mengizinkan satu perangkat saja yang terhubung. 

Atau bisa saja pengaturan hotspot kalian melalukan batas maksimal pemakaian hotspot hanya beberapa ratus MB saja. Sehingga ketika batas pemakaian sudah habis, internet perangkat yang terhubung dengan hotspot kalian akan mati. 

5. Hapus Jaringan Wifi Tersimpan 

Cara selanjutnya adalah kalian bisa menghapus jaringan wifi yang tersedia pada menu wifi kalian. 

Jika kalian sudah menghapus semua jaringan wifi yang tersimpan pada perangkat atau ponsel kalian, kalian bisa langsung mencoba terhubung kembali dengan klik nama hotspot perangkat lain yang tersedia di wifi kalian. Berikut caranya. 

  • Pertama, gulirkan ke bawah pada layar kalian. 
  • Pilih icon atau menu wifi dan tahan. 
  • Klik jaringan yang tersedia satu per satu. 
  • Lalu pilih lupakan jaringan. 
  • Coba terhubung kembali dengan perangkat penyedia hotspot. 
  • Pilih nama hotspotnya. 
  • Biasanya memasukan sandi. 
  • Cek koneksi jaringan dengan membuka salah satu aplikasi di perangkat kalian. 

6. Jarak Antar Perangkat

Hal ini merupakan bagian penting ketika sebuah perangkat terhubung dengan hotspot. Jaringan hotspot menggunakan media WLAN yang memiliki jarak yang sangat dekat. 

Sehingga jika kalian menggunakan hotspot namun jarak dengan perangkat yang menjadi titik akses sangat jauh, maka jaringan kalian tidak bisa digunakan karena syarat utama penggunaan hotspot ini adalah jarak perangkat penyedia hotspot harus dekat dengan perangkat yang meminta hotspot. 

Gimana Cara Mengatur Hotspot?

Kalian bisa juga mengatur sebuah hotspot supaya sesuai dengan keinginan kalian, misalnya kalian ingin hanya satu perangkat saja yang dapat terhubung ke jaringan kalian. 

Atau kalian ingin terdapat batasan maksimal kuota yang digunakan ketika seseorang mengakses hotspot dari perangkat kalian. Berikut adalah cara mengaturnya. 

  • Pertama kalian cari menu hotspot di pengaturan ponsel kalian. 
  • Masuk pada menu hotspot dan pilih batas minimal perangkat terhubung. 
  • Atur sesuai keinginan kalian. 
  • Lihat pilihan pengaturan hotspot lainnya yang ingin kalian ubah.  

Berapa Jauh Jangkauan Hotspot Hp?

Hotspot merupakan media atau alat bantu supaya perangkat ponsel yang tidak memiliki jaringan bisa saling dihubungkan. Artinya jika perangkat atau ponsel kalian tidak bisa menangkap jaringan seluler, kalian bisa mencoba menggunakan jaringan hotspot ini. 

Namun dengan catatan perangkat yang akan menghidupkan fitur hotspot ini memiliki jaringan yang stabil, sehingga ketika dihubungkan ke perangkat kalian, jaringannya akan bisa digunakan dengan optimal.

Hotspot memiliki daya jangkau hanya sekitar kurang lebih 10 Meter, jika lebih dari 10 Meter biasanya jaringan akan menjadi lemot bahkan bisa mati sendiri dari ponsel yang sedang terhubung.

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai cara mengatasi hotspot tidak ada internet?. Selalu perhatikan ketentuan yang belaku saat menggunakan hotspot sehingga bisa digunakan secara optimal. 

Jika kalian mengalami kendala tentang hotspot, kalian bisa menggunakan cara mudah dan simple di atas untuk mengatasi masalah yang terjadi.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Hotspot Tidak Ada Internet?"