Jaringan Komputer Lokal Pada Ruang Terbatas Seperti Rumah

Pernahkah kalian mempelajari mengenai jaringan komputer? pasti kalian tidak asing dengan jaringan komputer lokal pada ruang terbatas seperti rumah.

Era digital yang semakin berkembang dewasa ini memunculkan hal baru yang semakin modern dan semakin canggih pada bidang jaringan komputer. 

Mulai dari inovasi teknologi pada jaringan maupun pada perangkat komputer, semua memiliki inovasi dan kemajuan yang pesat guna menunjang kegiatan pada internet. 

Namun demikian,semua perangkat pada internet memiliki batasan-batasan yang tidak bisa diakses secara luas baik untuk pengguna maupun untuk ruang publik. 

Salah satunya adalah jaringan komputer, jaringan komputer juga memiliki ruang yang terbatas, meskipun ada pula jaringan komputer yang bisa diakses secara luas. 

Jaringan Komputer Lokal pada ruang terbatas seperti rumah

Jaringan Komputer Lokal Pada Ruang Terbatas Seperti Rumah
Jaringan Komputer Lokal Pada Ruang Terbatas Seperti Rumah

Lalu apa sih jaringan komputer lokal itu? jaringan komputer yang terbatas pada suatu area saja bisa dikenal dengan LAN (Local Area Network).

LAN ini merupakan jaringan komputer yang memiliki cakupan area yang terbatas, artinya tidak bisa digunakan secara luas, hanya beberapa komputer saja. Jaringan LAN ini dihubungkan melalui nirkabel maupun kabel. 

Jaringan komputer LAN ini biasanya digunakan pada area sekolah ataupun warnet, karena LAN ini memudahkan pemindahan file tanpa menggunakan bantuan alat lain hanya melalui jaringan komputer saja. 

Lebih jauh, jaringan LAN bisa dihubungkan juga dengan LAN yang lain, jika LAN dihubungkan dengan LAN yang lain maka akan membentuk jaringan komputer baru yang lebih luas yaitu MAN (Metropolitan Area Network). 

Apa Saja Jenis-Jenis Jaringan Lokal?

Perlu kalian ketahui bahwa terdapat beberapa jenis pada jaringan komputer LAN ini, jadi LAN itu tidak hanya utuh satu saja tapi ada beberapa jenis di dalamnya. 

Beberapa jenis LAN yang bisa digunakan antara lain Ethernet, FDDI, ARCNET, Token Ring, dari beberapa jenis LAN diatas, Ethernet merupakan jenis yang paling sering digunakan. 

Penggunaan jenis Ethernet ini menjadi sering digunakan karena jaringan ini hanya membutuhkan kabel fiber optic sebagai alat atau media untuk menghubungkan antara komputer satu dengan yang lain. 

Apa Fungsi Dari Jaringan LAN?

Jaringan LAN sendiri memiliki fungsi sendiri untuk menunjang komputer ketika digunakan. Penggunaan jaringan LAN yang baik akan memudahkan transfer data yang cepat pula pada komputer. 

Lalu, fungsi dari LAN ini sendiri yaitu untuk menghubungan dua komputer atau lebih untuk membuat proses transfer data menjadi lebih cepat. 

Lebih lanjut, fungsi lain dari LAN ini memudahkan pemindahan file dari komputer yang satu ke komputer lain tanpa harus menggunakan flashdisk atau perantara lain. 

Namun demikian, LAN memiliki cakupan area yang kecil dan hanya bisa diakses oleh jaringan komputer yang diizinkan saja, jelas LAN ini memiliki kekurangan dan juga memiliki kelebihan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna. 

Jika kalian menggunakan LAN, sudah pasti proses pemindahan file maupun data pada suatu area tertentu akan menjadi lebih mudah, namun jika kalian bekerja pada cakupan yang luas, maka LAN ini akan mengganggu mobilitas pada pekerjaan kalian. 

Kesimpulan 

Kalian sudah tahu mengenai jaringan komputer lokal pada ruang terbatas seperti rumah, kalian juga bisa mempelajari mengenai pengetahuan lain seputar internet pada artikel yang ditulis oleh ulkiyaji ini.

Posting Komentar untuk "Jaringan Komputer Lokal Pada Ruang Terbatas Seperti Rumah"