Kenapa Jaringan Wifi Tidak Ada Internet


Pernahkah kalian bertanya kenapa jaringan wifi tidak ada internet? padahal ketika muncul masalah tersebut, jaringan wifi tidak bisa digunakan untuk akses media sosial maupun untuk komunikasi.

Kalian perlu tahu juga mengapa hal ini bisa terjadi pada jaringan wifi kalian, mungkin saja ini penyebabnya dan mungkin saja kalian perlu bersabar untuk menunggu jaringan wifi bisa kembali digunakan. 

Karena jaringan wifi merupakan jaringan yang kompleks, maka setiap detik bisa saja terjadi gangguan yang tidak disangka-sangka, tergantung pada kondisi daerah jaringan wifi kalian berada. 

Jaringan wifi menjadi pilihan banyak orang, untuk sebagian orang yang bekerja dari rumah, mereka akan memilih jaringan wifi sebagai penyedia layanan internetnya. 

Apalagi menggunakan jaringan wifi dirasa lebih untung daripada menggunakan paket data. Menggunakan jaringan wifi, kalian hanya perlu membayar 

kenapa Jaringan Wifi Tidak Ada Internet

Kenapa Jaringan Wifi Tidak Ada Internet
Kenapa Jaringan Wifi Tidak Ada Internet

Nah, masalah ini sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, berikut ini beberapa faktor yang sering sekali menjadi masalah. 

  • Masalah Router

Router ini sendiri menjadi alat penting bagi sistem pada jaringan wifi, dengan adanya router ini kalian bisa mendapat sinyal untuk digunakan mengakses internet maupun media sosial. 

Jadi, pada router ini biasanya terdapat pembaruan pada firmware yang membuat jaringan internet tidak tersedia ketika pembaruan. 

Atau bisa saja terjadi kerusakan fisik pada router sehingga jaringan wifi tidak tersambung dan tersalurkan. Maka itu perlu sekali mengganti router bila sudah rusak. 

Saran saja, menyimpan router haruslah di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak kecil, sehingga router tidak cepat rusak dan jaringan selalu bisa digunakan. 

  • Jaringan Wifi yang Lemah

Jaringan wifi yang lemah ini sebenarnya menjadi salah satu penyebab kenapa jaringan wifi tidak bisa digunakan oleh kalian padahal perangkat sudah terhubung dengan wifi. 

Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab karena koneksi wifi pada jaringan yang lemah tidak stabil dan sering terputus-putus sehingga berdampak pada koneksi perangkat yang sedang digunakan. 

  • Gangguan pada Jaringan ISP

Ini penting sekali untuk diketahui oleh pengguna jaringan wifi. Isp ini sering menjadi penyebab utama pada gangguan sistem jaringan wifi. 

Isp atau biasa juga dikenal sebagai penyedia layanan internet bisa menjadi penyebab utama permasalahan ini karena biasanya isp ini terjadi pemeliharaan jaringan, gangguan teknis dan beban tinggi pada jaringan. 

  • Terlalu Banyak Perangkat Terhubung

Penggunaan perangkat yang terhubung pada jaringan internet rumah biasanya dibatasi beberapa perangkat saja yang terhubung. 

Namun meskipun demikian, tetap saja di luar batas maksimal, perangkat lain masih bisa terhubung sehingga menyebabkan jaringan wifi menjadi lemot dan parahnya bisa saja tidak terdapat jaringan internet. 

Bagaimana Cara Mengatasi WiFi yang Terhubung Tapi Tidak Ada Internet?

Nah, kalian bisa simak di bawah ini untuk beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah jaringan wifi tidak ada internet. 

1. Matikan Wifi pada Perangkat

Cara mudah pertama, kalian bisa mematikan dulu wifi pada perangkat kalian sampai beberapa saat, mungkin perlu waktu 10-30 detik. 

Jika sudah dimatikan, kalian bisa menghubungkan kembali dan periksa koneksi wifi kalian apakah sudah bisa digunakan seperti sedia kala, atau masih terjadi error. 

2. Restart Router

Restart router menjadi pilihan sebagian orang karena kita bisa langsung mengecek jaringan wifi pada router. Beberapa router memang seringkali menjadi penyebab masalah jaringan. 

Berikut caranya yang bisa kalian lakukan. 

  • Matikan dulu router dengan menekan lama tombol daya
  • Biarkan router mati 1-2 menit supaya router bekerja
  • Hidupkan router dengan menekan lama tombol daya dan lihat apakah lampu pada router sudah stabil atau belum
  • Jika lampu sudah stabil, maka kalian langsung bisa mencoba jaringan wifi sudah bisa digunakan atau belum. 

3. Hubungi Penyedia Layanan Wifi

Cara ini bisa kalian lakukan jika wifi kalian masih terjadi error, jelaskan masalah kalian kepada pihak penyedia layanan wifi sehingga kalian bisa tahu alasan kenapa jaringan wifi kalian tidak tersedia internet. 

Setiap penyedia layanan wifi pasti memiliki nomor telfon maupun email yang bisa dihubungi, kalian hubungi saja melalui nomor telfon atau email tergantung lebih cepat mana responnya. 

Akhir Kata 

Itulah tadi beberapa alasan kenapa jaringan wifi tidak ada internet dan beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Kalian bisa langsung mencoba beberapa cara di atas apakah berhasil atau tidak, kalau hasilnya masih sama tidak berhasil, maka kalian perlu bersabar karena bisa saja error tersebut terjadi dari pusat layanan penyedia internet (ISP).

Posting Komentar untuk "Kenapa Jaringan Wifi Tidak Ada Internet"