Kenapa Kuota Indosat Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan

Kenapa kuota indosat cepat habis padahal tidak digunakan dan kalian pasti sedikit repot dengan masalah paket data seperti ini, membuat kalian menjadi sering membeli paket data. 

Era yang semakin canggih ini, komunikasi bisa dilakukan hanya melalui telepon saja dengan menggunakan ponsel, selain kalian perlu mengisi pulsa pada ponsel kalian, pasti kalian juga perlu mengisi kuota juga. 

Kuota ini bisa digunakan untuk akses aplikasi yang memudahkan komunikasi jarak jauh seperti whatsapp, line dan media komunikasi lainnya. 

Namun, pada kuota indosat ini selain terdapat paket freedom internet, ada pula paket freedom unlimited yang secara penggunaan memang unlimited tanpa batas dan kalian bisa aman saja dalam menggunakan kuota.

Lanjut, kalau kamu sering mengalami masalah dengan internet indosat, mungkin bisa membaca artikel tentang alasan paket internet indosat tidak bisa kita gunakan.

Lebih jauh, kuota indosat ini juga bisa untuk mengakses media sosial dimana kalian bisa menemukan berita terkini, kejadian terkini dan isu apa yang sedang trend di dunia maya. 

Dengan adanya berbagai macam aplikasi tersebut, kalian akan dituntut bijak dalam menggunakan kuota supaya tidak terlalu boros dan cepat habis, lalu aplikasi apa saja sih yang menyebabkan kuota kalian menjadi boros? 

Kenapa Kuota Indosat Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan
Kenapa Kuota Indosat Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan

Aplikasi Boros Kuota Apa Saja?

Berikut beberapa aplikasi yang membuat kuota kalian menjadi boros, selalu pakai kuota sesuai dengan kebutuhan dan kontrol penggunaannya. Lalu Aplikasi apa saja yang membuat kuota cepat habis?

1. TikTok

Aplikasi ini merupakan aplikasi untuk menonton video singkat dan perkembangan trend masa kini yang ditampilkan pada sebuah video. 

Penggunaan kuota untuk mengakses aplikasi ini tentu sangat boros karena pengguna akan terus menerus menonton video secara online sehingga berdampak pada penggunaan kuota juga menjadi boros. 

Aplikasi ini bisa menyedot kuota sampai 1GB jika kalian terus menerus mengaksesnya, apalagi jika kalian juga mengupload sebuah video ke dalam aplikasi TikTok, jelas akan menambah besar penggunaan kuota kalian. 

2. YouTube

Aplikasi ini menjadi cikal bakal banyaknya video yang seliweran di media sosial, aplikasi ini sama saja seperti TikTok namun dengan tampilan video panjang dan banyak live streaming juga di aplikasi YouTube ini. 

Penggunaan kuota tentu saja menjadi boros karena ketika menonton sebuah video panjang maka kuota yang dibutuhkan juga akan semakin banyak. 

Ditambah lagi terdapat fitur HD yang membuat gambar menjadi jernih namun berdampak pada penggunaan kuota yang semakin banyak dan boros. 

3. Instagram

Aplikasi ini merupakan aplikasi dimana kalian bisa mengupload sebuah foto dan video. Aplikasi ini menawarkan pengalaman menonton video dengan disisipkan mengenai informasi singkat didalamnya. 

Aplikasi ini menjadi boros karena tentu saja menonton video secara terus menerus selama satu jam bisa membuat pemakaian kuota mendekati 1GB.

Apalagi jika kalian menggunakan filter beresolusi tinggi dan dibarengi dengan berbagi video, pasti akan menambah penggunaan kuota kalian. 

4. Netflix

Bukan hal yang baru lagi jika menonton film sekarang bisa dilakukan di rumah tanpa harus pergi dan mengantri di bioskop. 

Aplikasi ini menawarkan bermacam film yang disukai generasi sekarang, namun penggunaan kuota indosat kalian juga akan semakin boros karena durasi film biasanya lebih dari satu jam. 

Aplikasi di atas adalah beberapa aplikasi besar yang bisa membuat kuota kalian boros, masih banyak lagi aplikasi yang membuat kuota indosat kalian cepat habis seperti Twitter atau X, Facebook, Spotify dan lain sebagainya. 

Kenapa Kuota Indosat Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan

Penggunaan kuota indosat dalam mengakses aplikasi dan tidak terkontrol dan tidak sesuai dengan kebutuhan akan membuat kuota kalian dirasa cepat habis. 

Namun demikian, terdapat faktor lain yang bisa menyebabkan kuota cepat habis, faktor lain inilah yang biasanya tidak diperhatikan oleh pengguna sehingga seringkali kuota sedang tidak digunakan tiba-tiba menjadi berkurang sendiri. 

  • Pembaruan Sistem Otomatis

Pembaruan sistem pada sebuah ponsel memang tidak bisa kita ketahui kapan akan muncul, sehingga pengguna tidak tahu kalau ponsel kita sedang memperbarui otomatis sistem pada ponsel. 

Pada pengguna indosat yang teledor, otomatisasi pembaruan ini tidak disetting hanya wifi saja, sehingga pembaruan otomatis bisa diperbarui menggunakan kuota indosat. 

Tentu pembaruan sistem membutuhkan kuota besar sehingga menyebabkan kuota kalian cepat habis padahal kalian merasa sedang tidak menggunakannya. 

  • Pembaruan Otomatis Pada Aplikasi

Nah, jika tadi adalah pembaruan sistem, maka pada bagian ini adalah mengenai pembaruan aplikasi yang otomatis. Sehingga ketika data kalian menyala akan otomatis memperbarui aplikasi. 

Padahal pengaturan mengenai pembaruan otomatis ini bisa kalian atur sendiri, sehingga kalian bisa memperbarui sesuka hati tanpa harus pembaruan otomatis yang menyebabkan kalian merasa kehilangan kuota. 

  • Aplikasi Penyedot Kuota

Beberapa aplikasi memang berjalan di latar belakang, sehingga kalian tidak tahu bahwa aplikasi yang tidak digunakan tersebut ternyata memakai kuota juga. 

Kalian bisa cek pada pengaturan aplikasi dan temukan kuota yang tidak terpakai namun menyedot kuota kalian. Kalian bisa uninstall aplikasi tersebut. 

  • Pengaturan Download yang Default

Nah ini sebenarnya penting sekali namun beberapa pengguna masih saja teledor dan cuek tentang pengaturan otomatis download ini. 

Pada aplikasi chatting seperti Whatsapp, biasanya kalian memiliki grup Whatsapp yang ramai dengan anggota grup yang sering mengirim video maupun foto yang tidak penting. 

Kalian biasanya menggunakan pengaturan otomatis mendownload meskipun menggunakan kuota, hal ini menyebabkan kuota kalian cepat habis padahal kalian sedang tidak membuka aplikasinya. 

Kalian bisa atur otomatisasi download ini pada pengaturan Whatsapp kalian dengan pilihan otomatisasi download hanya ketika menggunakan wifi saja, sehingga kuota kalian akan aman dan bisa memilih foto atau video mana yang ingin kalian lihat. 

Bagaimana cara menghemat kuota indosat?

Beberapa cara sebenarnya bisa kalian lakukan supaya bisa menghemat penggunaan kuota kalian, hal ini sebenarnya berkaitan dengan kontrol kalian dalam mengakses internet supaya sesuai kebutuhan. 

1. Menggunakan Wifi

Cara ini menjadi pilihan banyak orang karena wifi tidak memiliki kuota dan bisa diakses sesuai dengan kebutuhan bahkan keinginan kalian. 

Sehingga pembaruan aplikasi maupun sistem pada ponsel bisa kalian lakukan dengan menggunakan wifi, tentu hal ini akan berdampak pada penggunaan kuota kalian yang menjadi irit. 

Kalian bisa membeli voucher ke tempat wifi terdekat ketika ponsel kalian terdapat pembaruan aplikasi atau pembaruan sistem untuk menghemat penggunaan kuota kalian. 

2. Membatasi Penggunaan Kuota Indosat

Cara ini juga dilakukan oleh beberapa orang supaya bisa mengontrol penggunaan kuota karena beberapa orang akan lupa dengan penggunaan kuota jika sudah mengakses aplikasi hiburan. 

Pengaturan ini bisa kalian temukan di ponsel kalian, masuk saja di menu pengaturan dan cari saja pembatasan penggunaan kuota sesuai dengan yang diinginkan oleh kalian. 

Akhir kata

Itulah tadi alasan kenapa kuota indosat cepat habis padahal tidak digunakan, kalian bisa selalu cek kuota kalian secara berkala supaya tidak merasa boros. Selanjutnya kalian bisa praktekan tentang cara menghemat kuota indosat yang kalian gunakan. 

Posting Komentar untuk "Kenapa Kuota Indosat Cepat Habis Padahal Tidak Digunakan"