Media yang Dapat Menghubungkan Jaringan Komputer Adalah

Apa kalian sedang mencari media yang dapat menghubungkan jaringan komputer adalah? dan fungsinya untuk apa saja? Jaringan komputer ini penting sekali bagi dunia teknologi informasi. 

Pada sebuah jaringan komputer, jelas diperlukan media atau alat untuk menghubungkan antara satu komputer dengan komputer lain supaya bisa terbentuk jaringan komputer yang baik. 

Jaringan komputer ini berguna sekali dalam bidang komunikasi dan informasi karena penyaluran informasi bisa sangat mudah dilakukan pada sebuah komputer. 

Apalagi bagi seorang yang bekerja menggunakan komputer, jelas sebuah jaringan komputer yang baik akan mempermudah suatu pekerjaan supaya cepat dan efisien. 

Apa Fungsi Dari Media Transmisi?

Media yang Dapat Menghubungkan Jaringan Komputer Adalah
Media yang Dapat Menghubungkan Jaringan Komputer Adalah

Media transmisi atau biasa disebut dengan media penghubung menjadi sebuah media yang penting pada suatu jaringan komputer. 

Media ini berfungsi sebagai alat bantu dalam. proses transfer data supaya bisa dilakukan dengan mudah, efisien dan cepat tanpa hambatan. 

Alat-alat elektronik seperti televisi, komputer,laptop,radio,maupun telepon, semuanya membutuhkan media transmisi upaya dapat menerima data. 

Dengan adanya media transmisi ini, pekerjaan yang membutuhkan sebuah koneksi tentu menjadi terbantu dan mempercepat suatu pekerjaan bila media ini digunakan secara optimal. 

Media yang Dapat Menghubungkan Jaringan Komputer Adalah

Jaringan komputer tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan dari perangkat lunak maupun perangkat keras yang sama-sama saling terkait satu dengan lainnya. 

Berikut adalah beberapa media yang bisa digunakan untuk menghubungkan komputer supaya terbentuk jaringan komputer. 

1. Kabel Serat Optik

Kabel jenis ini merupakan sebuah kabel yang yang terbuat dari kaca atau plastik yang memiliki diameter seperti sehelai rambut dan dapat digunakan sebagai transmisi dari suatu tempat ke tempat lain dengan mentransmisikan cahaya. 

Transmisi jenis ini merupakan sebuah kabel yang memiliki keunggulan berupa proses transfer data yang cepat, transmisi dengan kapasitas yang tinggi, tidak terganggu dengan gelombang elektromagnetik, dan dapat mengirim data pada tempat yang jauh. 

Kemudian karena kabel serat optik ini memiliki keunggulan dan kelebihan yang cukup baik, maka serat optik ini juga memiliki harga yang relatif mahal. 

Selain kabelnya yang mahal, biaya instalasi dan perawatannya juga cukup mahal, apalagi kabel ini rentan terhadap kerusakan jika tidak dirawat dengan baik. 

2. Kabel Tembaga

Kabel ini adalah salah satu media yang digunakan untuk proses transmisi data. Kabel ini memiliki kemampuan yang baik dalam menghubungkan jaringan komputer. 

Namun kabel ini digunakan untuk jarak yang relatif dekat dan memiliki batasan kecepatan juga yang relatif lambat. 

Kelebihan dari kabel tembaga ini yaitu memiliki harga kabel yang murah dan biaya instalasi pun juga murah, selain itu perawatannya pun juga murah. Namun demikian, kabel ini rentan terhadap gangguan gelombang elektromagnetik. 

3. Media Nirkabel

Media nirkabel merupakan media transmisi dengan menggunakan perangkat lunak, berbeda dengan dua media sebelumnya yang mengandalkan perangkat keras kabel. 

Media nirkabel ini hanya membutuhkan sekali klik saja supaya bisa terhubung dengan komputer lain, biasanya media nirkabel ini digunakan untuk transfer data pada suatu area saja yang terbatas. 

Beberapa alat yang merupakan media nirkabel adalah wifi, inframerah, bluetooth, Jaringan LAN. Media nirkabel ini biasanya digunakan pada sebuah sekolah atau tempat kerja yang memiliki area terbatas. 

Media nirkabel ini memiliki kelemahan yaitu tidak bisa mengirim data ke tempat yang jauh, misal ternyata bisa mengirim ke tempat yang jauh pasti akan lambat. 

Dari 3 media yang sudah dijelaskan di atas, semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kalian bisa menyesuaikan media mana yang akan dipakai sesuai dengan kebutuhan kalian. 

Apa Perbedaan Dari Media Transmisi Kabel dan Nirkabel?

Media transmisi kabel dan nirkabel juga memiliki perbedaan yang bisa kalian perhatikan supaya lebih tahu mengenai media kabel dan nirkabel ini. 

Pertama jika kalian menggunakan kabel, kalian memerlukan perangkat keras seperti kabel untuk menghubungkan antar komputer supaya terbentuk jaringan komputer yang baik. 

Penggunaan kabel ini memerlukan keahlian sendiri pada bidang kabel supaya nanti jika terjadi kerusakan pada kabel, kalian bisa memperbaiki sendiri karena kabel ini rentan sekali dengan kerusakan. 

Kedua jika kalian menggunakan nirkabel kalian akan menghemat anggaran karena kalian tidak perlu membeli kabel dan tidak repot memasang kabel. 

Media ini era sekarang ini menjadi pilihan banyak orang karena efisiensi dan kecepatan yang ditawarkan oleh nirkabel ini begitu membantu bagi pengguna. 

Sehingga nirkabel juga lambat laun pasti akan di update menjadi media yang cepat dalam mengirim data supaya pengguna tidak repot lagi membeli, memasang dan merawat sebuah kabel. 

Kesimpulan

Kalian sudah tahu mengenai media yang dapat menghubungkan jaringan komputer adalah? dan fungsinya juga kalian sudah tahu. Kalian bisa gunakan media di atas untuk menunjang kebutuhan kalian dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan yang membutuhkan komputer.

Jika kalian tertarik lebih jauh mengenai seputar jaringan, kalian bisa klik disini

Posting Komentar untuk "Media yang Dapat Menghubungkan Jaringan Komputer Adalah"