Perangkat Laptop Dapat Terhubung Dengan Internet Melalui Media Apa?

Perangkat laptop dapat terhubung dengan internet melalui media apa? Bagi kalian pengguna laptop yang masih pemula terkadang masih bingung harus menghubungkan laptop dengan internet melalui apa. 

Penggunaan laptop era sekarang ini semakin banyak penggunanya dan semakin canggih pula fitur laptopnya. Dimanapun dan kapanpun pasti kalian akan menjumpai orang-orang sedang menggunakan laptop. 

Laptop memiliki fungsi selain sebagai media pendukung dalam pembelajaran, juga dipakai sebagai media yang membantu dalam pekerjaan. 

Dengan menggunakan laptop, pembelajaran dan pekerjaan akan terasa lebih nyaman dan mudah karena semua serba online dan tinggal klik maka pekerjaan menjadi cepat beres. 

Namun demikian, pada perangkat laptop pasti membutuhkan koneksi internet maupun jaringan supaya pengguna bisa mengakses lebih optimal fitur-fitur yang tersedia pada perangkat laptop. 

Perangkat Laptop Dapat Terhubung Dengan Internet Melalui Media Apa?

Perangkat Laptop Dapat Terhubung Dengan Internet Melalui Media Apa?
Perangkat Laptop Dapat Terhubung Dengan Internet Melalui Media Apa? 

Perangkat laptop yang bisa dihubungkan dengan internet, akan semakin optimal ketika diakses oleh pengguna, karena dengan koneksi internet, maka fitur yang tersedia pada laptop akan bisa diakses. 

Terdapat dua cara menghubungkan internet supaya terhubung dengan perangkat laptop kalian, yaitu melalui media kabel dan media nirkabel atau tanpa menggunakan kabel. 

Kalian bisa menghubungkan jaringan internet melalui media kabel seperti kabel Ethernet dan kabel USB modem. Selain itu kalian juga bisa menghubungkan jaringan internet ke laptop menggunakan media nirkabel seperti wifi, hotspot. 

Berikut adalah penjelasannya dari media kabel. maupun media nirkabel. 

1. Kabel Ethernet

Media pertama yang bisa kalian gunakan untuk menghubungkan jaringan internet ke laptop adalah dengan menggunakan kabel Ethernet. Media ini biasanya menjadi media yang paling umum digunakan pada satu area. 

Kabel ini menghubungkan internet dan laptop dengan cara dihubungkan antara laptop dan router yang tersedia pada satu area tertentu, biasanya kabel Ethernet ini digunakan di sekolah ataupun gedung kantoran. 

Dengan mengakses jaringan internet menggunakan kabel Ethernet ini, koneksi internet akan semakin cepat dan stabil karena laptop yang terhubung ke kabel ini hanya pada satu area saja. 

2. Kabel USB 

Kabel USB modem menjadi cara kedua yang menggunakan media kabel. Media ini dapat menghubungkan laptop ke jaringan internet melalui kabel USB dengan koneksi yang stabil. 

Media ini dibutuhkan oleh seseorang yang biasanya senang bepergian namun tetap aktif menggunakan laptop. Karena tidak semua tempat tersedia jaringan yang bisa dihubungkan dengan laptop, maka dibutuhkan media USB ini. 

Kalian hanya perlu memasukan USB ke lubang yang tersedia di laptop kalian, biasanya modem menyediakan jaringan seluler yang disediakan oleh operator telekomunikasi. 

Penggunaan modem pada sebuah laptop akan menambah kecepatan dan kestabilan ketika mengakses internet. Hal ini karena penggunaan modem ini hanya untuk satu perangkat laptop saja. 

3. WIFI 

Media ini adalah media nirkabel alias tidak menggunakan kabel untuk menghubungkan jaringan internet ke perangkat laptop kalian. Jelas berbeda dengan dua media sebelumnya. 

Media ini menggunakan sistem jaringan yang tersedia pada sebuah router, router inilah yang menyediakan jaringan internet ke seluruh area yang bisa dijangkau oleh router. 

Kalian cukup mencari menu Wifi pada perangkat laptop kalian, kemudian hubungkan jaringan wifi tersedia, lalu masukan password untuk menghubungkan ke laptop kalian. 

Kalian bisa akses internet menggunakan wifi, jika terdapat banyak perangkat yang terhubung dengan wifi, maka biasanya kecepatan internet menjadi tidak stabil. 

Namun jika hanya sedikit perangkat yang terhubung dengan wifi, maka kecepatan internetnya akan cepat dan stabil, lebih optimal ketika digunakan. 

4. Hotspot

Hampir mirip dengan media Wifi, namun terdapat perbedaan pada areanya saja, jika wifi hanya tersedia pada satu area saja, maka hotspot ini bisa kalian bawa dimanapun dan kapanpun.

Cara akses media hotspot ini membutuhkan bantuan perangkat lain seperti ponsel. Kalian hidupkan menu hotspot pada ponsel, kemudian hidupkan menu wifi pada perangkat laptop kalian. 

Penggunaan hotspot pada ponsel ini menjadi pilihan yang paling mudah dilakukan jika disekitar perangkat laptop tidak ada jaringan wifi yang tersedia untuk dihubungkan. 

Ini yang Harus Dilakukan Jika Laptop tidak Dapat Terhubung Dengan Internet

Perangkat laptop bukanlah perangkat yang sempurna, ada saja masalah yang muncul pada perangkat laptop ini, mulai dari sistem jaringan laptopnya yang eror atau mungkin koneksi jaringan yang susah terhubung. 

Mungkin saja kalian akan mendapati masalah internet pada laptop kalian yang tidak bisa terhubung, permasalahan ini seringkali terjadi pada pengguna laptop. 

  • Matikan Laptop

Cara ini merupakan cara sederhana yang bisa kalian lakukan, cara ini dilakukan supaya laptop kembali memulai ulang dari awal sehingga bisa lebih optimal ketika mengakses jaringan internet. 

  • Refresh Laptop

Merefresh laptop bisa menjadi cara yang bisa kalian praktekkan. Merefresh laptop membuat laptop seakan kembali segar dengan performa yang bisa lebih optimal dan cepat. 

  • Periksa Jaringan

Pada permasalahan jaringan internet yang tidak dapat terhubung dengan laptop ini biasanya bersumber dari jaringan yang memang sedang eror. 

Biasanya laptop yang terhubung dengan Wifi seringkali mengalami wifi yang tidak bisa terhubung ke laptop karena perangkat yang terhubung ke Wifi sudah terlampau banyak. 

Lebih jelasnya ketika kalian mengalami permasalahan jaringan yang tidak bisa terhubung dengan perangkat kalian. Kalian bisa lihat pembahasan lengkapnya disini

Kesimpulan

Pertanyaan mengenai perangkat laptop dapat terhubung dengan internet melalui media apa sudah terjawab di atas tadi. Bagi kalian pengguna baru perangkat laptop, bisa praktekkan cara mudah di atas supaya bisa menghubungkan jaringan internet ke perangkat laptop kalian.

Posting Komentar untuk "Perangkat Laptop Dapat Terhubung Dengan Internet Melalui Media Apa? "