Agar 3 Atau Lebih Komputer Bisa Membentuk Suatu jaringan

Agar 3 atau lebih komputer bisa membentuk suatu jaringan, maka dibutuhkan perangkat yang bisa membentuk jaringan tersebut guna memudahkan pengiriman data pada perangkat komputer. 

Perangkat komputer bisa saja berdiri sendiri tanpa bantuan dari media lain. Namun demikian, terdapat beberapa bagian yang membutuhkan media lain seperti pengiriman data yang cepat dan efisien. 

Pengiriman data pada komputer menjadi hal yang penting karena jika pengiriman data bisa dilakukan dengan cepat dan optimal, maka pekerjaan pada perangkat komputer cepat terselesaikan. 

Itulah mengapa dibutuhkan suatu jaringan untuk memudahkan pekerjaan komputer, apalagi biasanya komputer digunakan untuk bekerja, jelas pasti memerlukan sesuatu yang efisien dan cepat dalam pengiriman data resource. 

Agar 3 Atau Lebih Komputer Bisa Membentuk Suatu jaringan

Agar 3 Atau Lebih Komputer Bisa Membentuk Suatu jaringan
Agar 3 Atau Lebih Komputer Bisa Membentuk Suatu jaringan

Jaringan yang dibutuhkan bagi pengguna komputer menjadi hal yang penting, apalagi jaringan komputer

Pada sistem jaringan, terdapat perangkat-perangkat lain yang mendukung sistem jaringan ini supaya dapat berjalan secara optimal dan stabil. Apalagi komputer membutuhkan jaringan yang stabil supaya dapat digunakan secara optimal. 

Jaringan ini menjadi syarat penting pada penggunaan komputer supaya komputer bisa melakukan transfer data antar komputer, dan juga bisa berkomunikasi dengan komputer lain. 

Jaringan ini bernama HUB, yang merupakan suatu media yang bisa mentransfer data dan mengirim data. Jadi tiga komputer atau lebih bisa membentuk suatu jaringan yang dinamakan dengan Hub. 

Apa yang Dimaksud Dengan HUB? 

Hub merupakan salah satu perangkat yang mempunyai tugas sebagai penghubung komputer yang satu dengan komputer lain pada jarak tertentu. 

Istilah yang sering digunakan pada lalu lintas ini adalah network. Jadi pada network ini bisa terjadi pengiriman data dan komunikasi dengan perangkat komputer lain. 

Hub ini bertugas sebagai server pada beberapa perangkat komputer, sehingga jika hub ini terjadi kerusakan, maka semua perangkat komputer akan disconnect. 

Cara kerja hub ini adalah menghubungkan semua perangkat ke dalam jaringan LAN ketika sudah terhubung dengan port hub sehingga lebih cepat dan optimal dalam pengiriman data. 

Dapat disimpulkan bahwa hub ini merupakan perangkat yang dijadikan sebagai perantara dalam pertukaran data pada beberapa komputer dalam satu lingkup jaringan yang sama. 

Fungsi Hub Apa?

Hub memiliki beberapa fungsi yang bisa kalian nikmati, gunakan fungsi ini sebaik mungkin sehingga penggunaan HUB pada komputer menjadi lebih optimal. 

Hub memiliki fungsi sebagai pembagi jaringan dari server ke beberapa client atau perangkat komputer yang terhubung ke jaringan. 

Selain itu, hub ini memiliki fungsi sebagai media untuk mengatur lalu lintas data atau kegiatan pengiriman data dari beberapa client atau perangkat komputer lain dan mengontrol. supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. 

Dari penjelasan fungsi di atas, kalian bisa tahu bahwa hub memiliki peran penting pada jaringan komputer karena digunakan penyimpanan data pada komputer server yang bisa diakses oleh client dari jarak tertentu. 

Fungsi hub ini jika dilihat secara sepintas sekilas mirip dengan switch, namun terdapat perbedaan pada tujuan ketika membagi data resource dan informasinya. 

Apa Perbedaan Antara Jub dan Switch? 

Hub merupakan jaringan yang menghubungkan beberapa perangkat komputer ke dalam satu lingkup jaringan yang sama, sehingga hub ini hanya sampai pada lingkup jaringan saja tidak lebih dari itu. 

Sedangkan switch merupakan media untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih ke dalam satu jaringan komputer. Sebenarnya kegunaan switch ini lebih luas dibandingkan dengan hub. 

Jika kalian ingin tahu lebih dalam mengenai perangkat switch ini, kalian bisa simak artikel mengenai apa yang dimaksud dengan switch

Kesimpulan

Agar 3 atau lebih komputer bisa membentuk suatu jaringan, kalian sudah tahu apa yang dibutuhkan. Kalian bisa mencari lebih tahu mengenai cara membentuk hub. 

Referensi

https://www.ulkiyaji.com/2024/03/media-yang-dapat-menghubungkan-jaringan.html

Posting Komentar untuk "Agar 3 Atau Lebih Komputer Bisa Membentuk Suatu jaringan"