Apa Fungsi Dari Protokol TCP/IP dalam Jaringan Komputer?

Apa fungsi dari protokol TCP/IP dalam jaringan komputer? Nah, bagi kalian pengguna komputer kalian perlu mengetahui mengenai sistem komunikasi antar komputer, salah satunya protokol tcp/ip ini. 

Protokol jaringan adalah sistem yang menyediakan hubungan komunikasi antara jaringan dengan komputer untuk mendukung adanya sistem perpindahan data antar komputer dan sistem untuk menghubungkan perangkat dengan internet. 

Singkatnya, protokol jaringan menghubungkan antara pengirim dengan penerima supaya terjalin komunikasi. Sehingga sebagian proses komunikasi pada komputer pasti membutuhkan protokol jaringan. 

Namun, pada jaringan protokol ini terdapat aturan-aturan yang harus dipahami dan ditaati ketika menggunakan protokol jaringan, supaya penggunaanya lebih optimal dan stabil. 

Adapun beberapa jenis protokol jaringan, salah satunya adalah TCP/IP, yang merupakan salah satu protokol jaringan paling banyak digunakan pada jaringan komputer

Apa yang Dimaksud Dengan Protokol TCP atau IP?

Apa Fungsi Dari Protokol TCP/IP dalam Jaringan Komputer?

Apa Fungsi Dari Protokol TCP/IP dalam Jaringan Komputer?

TCP/IP ( Transmission Control Protocol and Internet Protocol) Merupakan salah satu protokol jaringan yang paling dasar digunakan oleh pengguna jaringan komputer untuk menjalankan internet dan mengirim data antar komputer. 

Tcp/ip ini menjadi protokol dasar yang digunakan oleh pengguna komputer ketika sedang berlalu lintas pada ruang internet dan ruang komputer.  

Fungsi Dari Protokol TCP/IP Dalam Jaringan Komputer

Protokol TCP/IP memiliki fungsi utama sebagai alat untuk mentransfer data dari satu perangkat komputer ke perangkat lain. Proses ini memastikan data yang dikirim sudah akurat dan dapat divalidasi 

Sehingga ketika proses ini terjadi, maka penerima akan menerima data yang sama dengan yang dikirimkan oleh pengirim. 

Lebih lanjut, bahwa simpelnya TCP/IP ini akan mengirim data melalui jaringan dan melakukan pengiriman file yang terenkripsi, mengirim dan menerima computer mailing. 

Protokol TCP/IP memiliki beberapa layer utama antara lain, Application Layer, Transport Layer, Network Layer, Network Interface Layer. Layer tersebut perlu diketahui oleh pengguna supaya bisa lebih optimal ketika menggunakan TCP/IP ini. 

Kelebihan dan Kekurangan Protokol TCP/IP

Tcp/Ip bukanlah protokol jaringan yang sempurna, pasti memiliki kekurangan dan kelebihan yang perlu kalian pahami sebagai pengguna jaringan komputer. 

Kelebihan TCP/IP

  • Cocok digunakan untuk menghubungkan bermacam jaringan karena TCP/IP ini tidak membutuhkan alat keras seperti kabel untuk menghubungkan jaringan dan komputer.
  • Memiliki tingkat kestabilan dan konsistensi yang tinggi sehingga diminati oleh banyak pengguna jaringan komputer. 
  • Jaringan TCP/IP ini mampu mengidentifikasi jaringan lain dengan identitas yang berbeda meskipun sifat TCP/IP nya adalah global atau luas. 
  • TCP/IP memiliki banyak sekali tools yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengelola jaringan. 
  • Dengan koneksi internet yang stabil dan aman, pengiriman data menggunakan TCP/IP ini menjadi lebih cepat dan nyaman. 

Kekurangan TCP/IP

  • Jika kalian tidak mahir dalam mengatur TCP/IP ini, kalian bisa saja terkena serangan keamanan dari luar karena TCP/IP ini rentan terkena serangan keamanan. 
  • Pada jaringan yang sibuk, pengiriman TCP/IP menjadi lambat karena protokol jaringan ini membutuhkan bandwidth yang banyak. 
  • Jika kalian menggunakan TCP/IP dengan cara yang tidak benar dan sesuka kalian, maka bisa saja protokol jaringan ini bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat yang sedang terhubung. 

  • Fitur pada protokol jaringan ini memiliki konfigurasi yang kompleks, sehingga membutuhkan keterampilan dan pengetahuan yang juga mumpuni. 

Kesimpulan

Pertanyaan mengenai apa fungsi dari protokol TCP/IP dalam jaringan komputer? Sudah dijelaskan pada tulisan di atas, kalian perlu memahami mengenai apa itu TCP/IP supaya penggunaan jaringan komputer kalian lebih optimal

Posting Komentar untuk "Apa Fungsi Dari Protokol TCP/IP dalam Jaringan Komputer?"