Bagaimana Cara Menghubungkan Komputer Dengan Jaringan Internet

Bagaimana cara menghubungkan komputer dengan jaringan internet menjadi pertanyaan penting bagi seseorang yang baru menggunakan komputer. 

Hal tersebut karena komputer memang berbeda dengan smartphone. Fitur yang disediakan oleh komputer ini lebih beragam dan harus benar-benar dipahami oleh pengguna. 

Semahir apapun seseorang ketika menggunakan ponsel, pasti akan kaku ketika harus beralih ke komputer. Ini karena fitur dan menu yang disediakan oleh alat ini sangat berbeda sekali dengan smartphone yang digunakan. 

Maka itu, hanya untuk menyambungkan internet ke komputer saja terkadang membuat beberapa pengguna kebingungan. Lantas bagaimana sih caranya? Simak artikel ini sampai habis. 

Bagaimana Cara Menghubungkan Komputer Dengan Jaringan Internet

Bagaimana Cara Menghubungkan Komputer Dengan Jaringan Internet
Bagaimana Cara Menghubungkan Komputer Dengan Jaringan Internet

Pengguna baru pada komputer perlu sekali memahami hal dasar seperti ini. Ilmu ini sangat penting karena pasti ketika kalian menggunakan alat ini pasti akan mengakses jaringan internet. 

Maka itu, akan sangat konyol jika kalian menggunakan komputer tapi tidak tahu cara menyambungkannya ke jaringan internet. Pasti akan bingung jika tidak ada koneksi internetnya. 

Nah menghubungkan internet ke komputer sebenarnya sangat mudah. Kalian bisa mencoba dengan beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan. 

Kalian bisa mencoba menghubungkan jaringan internet ke komputer melalui jaringan nirkabel. Teknologi Ini memungkinkan kalian bisa mendapatkan koneksi internet tanpa menggunakan bantuan kabel. 

Melalui Wifi

Jaringan nirkabel ini memiliki kelebihan tersendiri yaitu tidak perlu ribet ketika ingin menghubungkan jaringan internet ke komputer kalian. 

Pasalnya, dengan tanpa menggunakan kabel ini kalian akan bisa lebih leluasa dan bisa menghubungkan jaringan wifi dimanapun komputer kalian berada. 

Jika harus menggunakan kabel, maka perlu sekali mencantumkan IP Adress dan akan memerlukan waktu. Sehingga akan membuat kalian sedikit ribet. 

Untuk jaringan wifi sendiri, kalian bisa temukan icon menu ini pada komputer kalian. Kemudian klik dan hubungkan. Pastikan wifi yang disambungkan memiliki koneksi yang stabil. 

Jika kalian menemukan kata sandi pada wifi yang akan dihubungkan. Maka minta kepada pemilik router supaya kalian bisa mengakses jaringan wifi tersebut. 

Berikut adalah langkah mudah menghidupkan wifi pada komputer dengan versi windows 10 dan 11.

Windows 10

  1. Cari menu wifi pada komputer kalian. 
  2. Hidupkan wifi untuk mencari jaringan terdekat. 
  3. Klik jaringan wifi yang ingin disambungkan. 
  4. Pastikan memiliki koneksi yang stabil. 
  5. Sekarang komputer kalian sudah memiliki jaringan internet. 

Windows 11

Cara menghubungkan komputer dengan jaringan internet pada versi windows ini sebenarnya sama saja dengan versi ke 10. Berikut langkahnya. 

  1. Pilih ikon jaringan wifi di pengaturan. 
  2. Hidupkan wifi. 
  3. Biarkan wifi mencari jaringan terdekat. 
  4. Klik sambungkan jaringan yang akan dihubungkan. 
  5. Tunggu sampai terhubung. 
  6. Sekarang kalian bisa menikmati internet di komputer. 

Melalui Jaringan 

Salah satu cara supaya komputer kalian dapat terhubung dengan internet adalah menggunakan jaringan. Cara ini biasanya digunakan pada sekolah atau kantor yang bekerja dalam satu ruangan. 

Jaringan ini menggunakan kabel sebagai pendukung supaya transmisi koneksi dan data dapat berjalan lancar. Sehingga melalui jaringan terdapat sedikit kerepotan bagi pengguna. 

Namun, jika kalian berada pada ruang kerja di kantor, biasanya menggunakan jaringan LAN (Local Area Network). LAN ini memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil. 

Cara kerjanya juga cukup mudah dipahami. Jaringan LAN ini dapat digunakan untuk mengakses banyak komputer dalam satu ruangan saja. Selengkapnya bisa baca disini.  

Kesimpulan

Itulah tadi cara menghubungkan komputer dengan jaringan internet yang bisa kalian coba. Pastikan jaringan wifi yang akan disambungkan memiliki koneksi aman dan stabil. 

Jika kalian mengakses jaringan yang stabil, maka akan berdampak pada kecepatan internet di komputer kalian menjadi kencang. Hal ini tentu akan membuat kalian senang, apalagi ketika sedang dibuat untuk bekerja. 

Nah cara diatas bisa coba digunakan untuk menghubungkan jaringan ke komputer kalian. Langkah mudah tersebut pastinya akan sangat mudah dipraktekkan oleh pengguna baru. 

Baca Artikel Lainnya

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Menghubungkan Komputer Dengan Jaringan Internet"