Jaringan Wifi Tidak Muncul di Laptop

Permasalahan mengenai jaringan wifi tidak muncul di laptop terkadang membuat bingung dan panik bagi pengguna yang baru menggunakan perangkat laptop pasalnya wifi menjadi koneksi utama supaya bisa mengakses laptop dengan luas. 

Perangkat laptop zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang karena dengan laptop kalian bisa belajar, mengerjakan tugas sekolah, bahkan bekerja menggunakan laptop. 

Perkembangan zaman memang begitu cepat hingga pekerjaan pun sudah bisa diatasi menggunakan laptop dari manapun dan kapanpun. 

Namun penggunaan laptop ini harus dibarengi dengan koneksi yang optimal dan stabil, apalagi jika laptop kalian digunakan untuk bekerja, jelas koneksi yang stabil sangat dibutuhkan. 

Jika kalian menggunakan modem, kalian tidak perlu bantuan media lain, hanya colokkan saja modem dan kalian bisa langsung menikmati internet dengan kartu perdana. 

Namun jika kalian tidak menggunakan modem, maka kalian perlu menggunakan menu Wifi, tapi pada beberapa kasus, jaringan wifi justru tidak bisa muncul di laptop. 

Jaringan Wifi Tidak Muncul di Laptop

Jaringan Wifi Tidak Muncul di Laptop
Jaringan Wifi Tidak Muncul di Laptop

Permasalahan seperti ini cukup membuat panik pengguna baru pada perangkat laptop, biasanya dibuat panik karena sedang mengerjakan tugas atau pekerjaan. 

Padahal permasalahan seperti ini tidak. selamanya berasal dari perangkat laptop, justru kebanyakan berasal dari luar laptop. 

Di bawah ini beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi jaringan wifi yang tidak muncul. 

1. Restart Router Wifi

Cara mudah pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan restart wifi. Kalian bisa mencabut terlebih dahulu router dari sumber listrik. 

Namun cara ini bisa kalian lakukan jika kalian memiliki router wifi pribadi karena jika wifi yang kalian akses adalah wifi publik, maka sulit untuk melakukan restart router. 

Kalian bisa mencabut dari sumber listrik dan tunggu beberapa saat lalu coba hubungkan kembali dengan sumber listrik dan mencoba hubungkan kembali ke laptop kalian. 

2. Aktifkan Layanan Wifi

Layanan wifi pada laptop kalian bisa saja menjadi sumber masalah. Kalian bisa lakukan perbaikan pada perangkat laptop yang sedang digunakan. 

Kalian harus memastikan bahwa layanan wifi pada laptop sudah terhubung karena jika layanan wifi belum dihidupkan, maka jaringan wifi tidak akan masuk ke perangkat kalian. 

3. Update Wifi

Kalau kalian masih mengalami masalah di atas, kalian bisa mencoba mengecek update pada laptop kalian karena mungkin saja wifi kalian perlu mengalami update sistem. 

Kalian bisa mencoba Klik kanan pada windows kalian, kemudian pilih menu adapters dan cari driver yang kalian gunakan, selanjutnya klik search automatically dan tunggu proses pembaruan sampai selesai. 

Bagaimana Cara Mengaktifkan WiFi di Laptop?

Mengaktifkan wifi pada laptop sebenarnya berbeda-beda sesuai dengan merk laptop yang kalian gunakan dan juga sesuai dengan generasi windows berapa yang kalian gunakan. 

Ada beberapa cara yang bisa kalian praktekkan untuk menghidupkan wifi pada laptop kalian. 

Cara pertama

  • Hidupkan laptop kalian. 
  • Cari di bagian layar utama anda logo jaringan. 
  • Setelah itu klik ikon jaringan. 
  • Pilih bagian wifi. 
  • Tunggu sampai muncul wifi yang ingin anda hubungkan. 
  • Lalu tekan klik. 

Cara kedua

  • Pertama arahkan laptop anda ke halaman utama. 
  • Pilih menu setting. 
  • Biasanya menu setting terdapat di bagian pojok kiri bawah. 
  • Lalu cari menu wifi. 
  • Hubungkan dengan laptop kalian. 

Kesimpulan

Permasalahan mengenai jaringan wifi tidak muncul di laptop bisa disimpulkan bahwa permasalahan tersebut tidak semuanya berasal dari laptop, namun bisa terjadi karena router wifi yang error. 

Baca Artikel Lainnya

https://www.ulkiyaji.com/2024/03/perangkat-laptop-dapat-terhubung-dengan.html

Posting Komentar untuk "Jaringan Wifi Tidak Muncul di Laptop"