Kenapa Jaringan 4G Tidak Muncul

Salah satu permasalahan umum tentang kenapa jaringan 4g tidak muncul menjadi topik pembahasan yang tidak ada habisnya, apalagi bagi orang yang baru mengenal jaringan. 

Jaringan merupakan kebutuhan setiap orang yang memiliki ponsel. Ponsel yang digunakan seseorang namun tidak memiliki akses jaringan, maka akan terbatas fitur pada ponsel tersebut. 

Berbeda jika sebuah ponsel memiliki jaringan seluler, jelas fitur yang dihadirkan oleh ponsel kalian akan bisa digunakan semuanya, entah itu fitur offline maupun fitur online untuk berkomunikasi dengan sanak saudara yang jauh. 

Permasalahan mengenai jaringan 4G yang tidak muncul memang menjadi topik yang tidak akan habis untuk dibahas, lalu dengan adanya jaringan 4G yang terkadang hilang ini apakah jaringan 4G akan tetap hilang? Simak artikel ini sampai selesai. 

Apakah Jaringan 4G Masih Ada?

Kenapa Jaringan 4G Tidak Muncul
Kenapa Jaringan 4G Tidak Muncul

Melihat perkembangan pesat mengenai jaringan ini bukan berarti membuat jaringan lama menjadi terlupakan bahkan hilang. Tetap ada jaringan sebelumnya. 

Sekarang ini ekspansi jaringan 5G memang sedang gencar sekali dilakukan di berbagai negara, namun tenang saja bahwa ketika proses update jaringan 5G ini maka jaringan 4G di daerah kalian tidak akan hilang. 

Kenapa Jaringan 4G Tidak Muncul

Masalah ini memang sering terjadi di beberapa ponsel pengguna maupun di beberapa wilayah. Bukan tanpa sebab, permasalahan ini memang ada alasannya. 

Penyebab dari permasalahan ini bisa saja terjadi dari pihak operator, kalian bisa cek menggunakan ponsel temanmu yang menggunakan provider yang sama, kemudian lihat apakah sinyal 4G pada ponsel temanmu juga hilang. 

Jika jaringan 4G di ponsel temanmu ternyata ada, kemungkinan penyebabnya adalah sim card kalian yang tidak terpasang dengan sempurna

Atau kemungkinan penyebab lain adalah Pengaturan APN pada ponsel kalian yang keliru, sehingga menyebabkan jaringan 4G tidak muncul di ponsel. 

Penyebab terakhir yaitu mungkin saja di daerah tempat kalian tinggal memang belum masuk sinyal 4G nya, sehingga jaringan ini tidak akan muncul di ponsel kalian. 

Cara Mengatasi Sinyal 4G Tidak Muncul di Smartphone

Dengan permasalahan diatas, pasti kalian akan mencari cara supaya jaringan 4G kembali muncul. Nah berikut adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan supaya jaringan 4G kembali muncul. 

1. Nyalakan Mode Pesawat

Cara ini menjadi cara mudah pertama yang bisa kalian lakukan, cara ini menggunakan fitur mode pesawat yang disediakan oleh semua ponsel. 

Ketika kalian menyalakan mode pesawat, jaringan kalian akan terefresh dan biasanya jaringan yang tadinya jelek bahkan tidak muncul akan kembali muncul. 

  • Pertama tarik layar hp kalian ke bawah. 
  • Kemudian cari ikon pesawat. 
  • Selanjutnya klik nyalakan. 
  • Tunggu beberapa detik. 
  • Matikan kembali mode pesawat. 
  • Terakhir kalian bisa mencoba menyalakan data seluler apakah jaringan sudah muncul.

2. Matikan Ponsel Kalian

Cara kedua ini kalian bisa mematikan terlebih dahulu ponsel kalian, caranya pun cukup mudah karena kalian tekan lama tombol power pada ponsel kalian dan tunggu beberapa saat. 

Setelah itu nyalakan kembali ponsel kalian dan tunggu sampai jaringan kembali muncul, setelah itu coba hidupkan data seluler dan cek apakah sinyal 4G kalian sudah kembali atau belum. 

3. Atur Jaringan

Mengatur jaringan ini biasanya menjadi pokok permasalahan kenapa jaringan 4G kalian tidak muncul. Pengaturan ini sangat penting sekali sebenarnya. 

Jika kalian hanya mengatur jaringan khusus untuk 2G atau 3G saja maka jaringan 4G di ponsel kalian tidak akan muncul, maka kalian perlu cek pengaturan jaringan ini. 

Caranya pun cukup mudah, kalian tinggal masuk ke pengaturan dan cari jaringan, kemudian cek apakah pengaturan jaringan kalian khusus untuk 2G atau 3G saja. 

Gimana Cara Sinyal 4G Kuat?

Jika kalian ingin memiliki sinyal 4G dan stabil, maka ada beberapa cara yang bisa kalian ikuti untuk mendapat jaringan 4G yang memiliki kecepatan sesuai dengan kebutuhan anda. 

Pertama kalian bisa mencari lokasi yang memang benar-benar memiliki jaringan 4G penuh, sehingga koneksi jaringan 4G kalian akan stabil. 

Kedua kalian bisa menggunakan provider yang memiliki jaringan kuat pada tempat kalian tinggal, sehingga jaringan 4G ini akan selalu ada pada ponsel kalian dan stabil. 

Kesimpulan. 

Kenapa jaringan 4g tidak muncul memang menjadi hal yang menyebalkan bagi sebagian orang, apalagi jika jaringan tersebut sedang dibutuhkan dalam komunikasi ataupun bekerja. 

Di atas sudah dijelaskan mengenai kenapa kenapa jaringan 4g tidak muncul dan cara supaya jaringan 4g menjadi kuat dan stabil ketika digunakan.

Referensi

Posting Komentar untuk "Kenapa Jaringan 4G Tidak Muncul"