Yang Merupakan Satuan Kecepatan Akses Internet Adalah

Ketika kalian mengakses jaringan internet pasti kalian pernah bertanya yang merupakan satuan kecepatan akses internet adalah apa sih? Simak pembahasan pada artikel ini mengenai koneksi internet dan kecepatannya. 

Internet menjadi sarana hiburan bagi sebagian orang dan menjadi sarana mencari pekerjaan bagi sebagian yang lain, adapun seseorang juga bisa bekerja melalui internet. 

Apalagi jika kalian yang berada pada wilayah dengan koneksi internet yang cepat dan stabil, pasti kalian akan selangkah lebih maju saat menggunakan internet ketimbang wilayah lain yang akses jaringannya masih sulit. 

Internet didukung oleh akses jaringan yang memadai dan terkoneksi, sehingga pada wilayah yang memiliki jaringan yang tidak memadai, maka akan berdampak pada koneksi internet yang tidak stabil. 

Yang Merupakan Satuan Kecepatan Akses Internet Adalah
Yang Merupakan Satuan Kecepatan Akses Internet Adalah

Semakin cepat akses internet pada perangkat kalian, maka semakin cepat pula akses internetnya dan bagi kalian yang sering mengirim data maupun pesan juga akan semakin cepat. 

Berbicara mengenai internet, internet memiliki satuan kecepatan untuk mengukur seberapa cepat internet saat digunakan untuk mengirim pesan, data, maupun mengakses internet. 

Apa Nama Satuan Kecepatan Akses Internet?

Selain kendaraan maupun cahaya yang memiliki kecepatan, internet juga memiliki kecepatan untuk mengukur seberapa cepat dan stabilnya jaringan internet ketika digunakan.

Pada umumnya, kecepatan koneksi jaringan internet ini terdiri dari 4 jenis, yang pertama yaitu Bps, kemudian yang kedua Kbps, ada juga kemudian Mbps dan yang terakhir adalah Gbps. 

Lalu, yang merupakan satuan kecepatan akses internet adalah Bit Per Second (Bps). Bps menjadi satuan kecepatan yang digunakan untuk mengukur kecepatan koneksi jaringan internet. 

Artinya bahwa mengukur kecepatan internet dilakukan dengan waktu per detik untuk mengukur file yang dikirim ke perangkat lain maupun ketika perangkat kita ingin mengambil data yang akan dikirim ke jaringan internet kita. 

Lebih lanjut bahwa pada kecepatan internet ini juga terdapat dua istilah untuk membedakan kecepatan internet sesuai dengan lalu lintas internet yang sedang dilakukan, yaitu upstream dan downstream. 

Apa Itu Upstream dan Downstream

Kecepatan akses internet pads umumnya dibagi menjadi dua, yaitu upstream dan downstream. Keduanya juga memiliki fungsi masing-masing. 

1. Upstream

Upstream merupakan istilah kecepatan yang digunakan pada saat proses pengiriman data dari komputer ke server jaringan. Pada saat kalian mengirim sebuah data ke dalam server, maka kecepatan aksesnya dinamakan upstream. 

2. Downstream

adalah kecepatan akses internet yang digunakan pada saat menerima data dari server ke komputer. Downstream ini merupakan kebalikan dari upstream. 

Simpelnya ketika kalian melakukan pencarian pada mesin pencari Google, kalian akan menerima data dari server ke jaringan komputer kalian. Itulah yang dinamakan dengan downstream.

Berikut Merupakan Singkatan Masing-Masing Satuan Kecepatan Internet

Satuan kecepatan internet ini perlu kalian ketahui karena dengan paham istilah ini, maka kalian akan lebih mudah ketika menggunakan internet. 

  1. Bps : Bit Per Second. 
  2. Kbps : Kilo Bit Per Second. 
  3. Mbps : Mega Bit Per Second. 
  4. Gbps : Giga Bit Per Second. 

Diatas merupakan urutan kecepatan internet dari yang paling lambat sampai tercepat. Simpelnya semakin tinggi jaringan internet yang kalian gunakan, maka semakin cepat pula jaringan internet kalian. 

Sehingga ketika koneksi jaringan internet kalian cepat dan stabil, maka lalu lintas atau kegiatan kalian pada jaringan internet akan semakin mudah dilakukan. 

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan mengenai yang merupakan satuan kecepatan akses internet, kalian perlu mempelajari satuan kecepatan ini supaya ketika kalian menggunakan jaringan internet ini paham dengan fitur yang ada pada internet. 

Referensi 

Posting Komentar untuk "Yang Merupakan Satuan Kecepatan Akses Internet Adalah"