Apa Fungsi Dari Router Dalam Jaringan Komputer?

Apa fungsi dari router dalam jaringan komputer? Pertanyaan ini kerap kali dilontarkan oleh pengguna internet. Apalagi router memiliki kemiripan fungsi dengan alat lain dalam jaringan seperti hub dan switch. 

Dalam dunia jaringan komputer, setiap alat memiliki peran tersendiri. Ada yang digunakan untuk mengatur lalu lintas data, menerima data dan lain sebagainya. 

Jika kalian tidak paham mengenai alat apa saja dalam jaringan komputer, pastinya akan mengalami kesulitan. Maka itu penting sekali untuk paham tentang alat yang dibutuhkan untuk membentuk jaringan. 

Ketika kalian sudah paham mengenai alat apa saja yang digunakan untuk membentuk jaringan komputer, maka semuanya akan terlihat lebih gampang dan tidak ribet. 

Pastikan dahulu kalian memahami tentang apa itu jaringan komputer. Jika belum paham tentang hal tersebut kalian bisa baca artikel mengenai alat apa saja yang dibutuhkan untuk menghubungkan jaringan komputer. 

Dalam jaringan komputer memang memiliki banyak sekali alat pendukung. Misalnya seperti Switch, kabel, Hub dan Router. Semuanya memiliki peran masing-masing. 

Jika kalian belum mengetahui tentang switch, kalian bisa baca artikel mengenai apa itu switch. Nah, pada artikel ini kami akan fokus membahas lebih dalam tentang router. 

Apa yang Dimaksud Dengan Router

Apa Fungsi Dari Router Dalam Jaringan Komputer?
Apa Fungsi Dari Router Dalam Jaringan Komputer?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, router akan menjadi pembahasan pada artikel ini. Pastinya untuk menambah wawasan pengguna internet. 

Router adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer. Alat ini juga memiliki kemampuan mengatur lalu lintas data. 

Router memiliki peran yang penting untuk jaringan komputer. Berperan sebagai penghubung dan lalu lintas data, menjadikan alat ini harus memiliki kualitas yang baik. 

Router merupakan perangkat keras, kalian bisa menyentuh dan mengotak-atik alat ini. Jika kalian merasakan permasalahan pada router, kalian bisa memperbaiki secara langsung. 

Apa Fungsi Dari Router Dalam Jaringan Komputer?

Semua alat yang terdapat pada jaringan komputer memiliki fungsi masing-masing, tak terkecuali dengan router. Alat ini juga berperan penting dan memiliki fungsi tersendiri pada ekosistem jaringan ini. Berikut adalah beberapa fungsi router. 

Menghubungkan Jaringan

Fungsi utama dari router adalah sebagai penghubung antar jaringan. Alat ini memiliki kemampuan untuk dijadikan sebagai media penghubung antar jaringan yang satu dengan lainnya. 

Berbeda dengan switch yang hanya menghubungkan antar perangkat, router ini memiliki kemampuan yang lebih besar dan lebih baik. Sistem kerja dari router ini hampir seperti jembatan. 

Pengatur Lalu Lintas

Jangan salah jika kalian mengira bahwa lalu lintas hanya terdapat di jalan raya saja. Dalam dunia internet, kegiatan tersebut juga ada rupanya. 

Lalu lintas data pada jaringan komputer sangatlah penting, pengaturan lalu lintas yang baik akan menjadikan data menjadi tepat sasaran ketika dikirim. 

Sehingga fungsi router disini sangat penting karena digunakan untuk membuat data yang dikirim tidak masuk ke perangkat atau jaringan lain yang tidak sesuai dengan alamat. 

Memblokir Broadcast Data

Lalu lintas data memang perlu sekali diperhatikan pada jaringan internet. Jika perlintasan data dilakukan dengan cara broadcast, maka hal ini bisa menyebabkan jaringan yang lambat. 

Jaringan atau koneksi yang lambat akan membuat lalu lintas data yang lain menjadi tersendat. Maka itu kalian perlu sekali menghindari broadcast data. 

Membagi Koneksi Internet

Fungsi utama pada router ini adalah menyediakan koneksi internet bagi beberapa perangkat yang masuk ke dalam jaringan. Sehingga router ini jika mengalami sebuah error maka perangkat yang terhubung akan terkena dampaknya. 

Kesimpulan

Apa fungsi dari router dalam jaringan komputer? Pertanyaan tersebut sudah dijawab pada pembahasan di atas. Kalian bisa simak dan pahami tentang router. 

Pastikan memilih router yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Jaringan komputer yang baik juga perlu didukung dengan alat yang baik pula, salah satunya seperti router.

Posting Komentar untuk "Apa Fungsi Dari Router Dalam Jaringan Komputer?"