Apa Kelebihan Teknologi Jaringan Tipe Personal Area Networking

Apa kelebihan teknologi jaringan tipe Personal Area Networking (PAN) menjadi pertanyaan penting yang harus diketahui jawabannya. Pasalnya hal tersebut berkaitan dengan jaringan dan koneksi yang akan digunakan oleh perangkat. 

Sebuah perangkat entah itu komputer ponsel, maupun laptop memang membutuhkan jaringan. Sebuah jaringan akan memancarkan koneksi sehingga perangkat bisa berselancar untuk mengakses internet. 

Selain itu, koneksi yang tersambung melalui jaringan dan perangkat ini bisa digunakan untuk komunikasi jarak jauh. Lebih lanjut, jika digunakan untuk bekerja maka akan memudahkan untuk transfer file dan data. 

Sebuah jaringan sebenarnya memiliki berbagai tipe dan jenis. Sebagai seorang pengguna jaringan, memang sudah selayaknya mengetahui tentang hal ini. 

Beberapa tipe dan jenis jaringan ini cukup umum digunakan oleh pengguna. Misalnya jaringan populer seperti Local Area Network (LAN) dan Metropolitan Area Network (MAN). 

Dua jaringan di atas merupakan yang biasa diakses oleh pengguna. Namun ada satu jaringan yang juga bisa kalian coba gunakan, yaitu Personal Area Networking (PAN). 

Apa yang Dimaksud Dengan Personal Area Network?

Apa Kelebihan Teknologi Jaringan Tipe Personal Area Networking
Apa Kelebihan Teknologi Jaringan Tipe Personal Area Networking

Personal Area Network (PAN) merupakan jaringan komunikasi antar perangkat yang satu dengan lainnya dalam posisi yang dekat. Jarak antar perangkat dalam kondisi ini yaitu hanya beberapa meter saja. 

PAN menjadi titik utama untuk akses ke berbagai perangkat. Misalnya ingin menghubungkan perangkat pribadi seperti ponsel, laptop, komputer dan lain sebagainya. 

Beberapa contoh penggunaan jaringan Personal Area Network antara lain seperti menghubungkan ponsel dan laptop menggunakan hotspot. Selain itu ada juga menghubungkan melalui Bluetooth. 

Personal Area Network merupakan jaringan pribadi, sehingga hanya kalian sendirilah yang bisa mengakses jaringan tersebut. Jaringan ini berguna untuk menghubungkan perangkat ponsel dan laptop supaya saling terkoneksi, misalnya seperti itu. 

Dalam jaringan Personal Area Network sebenarnya antar perangkat hanya bisa berbagi data tanpa terhubung ke internet. Namun pada era sekarang kecanggihan teknologi semakin berkembang, dan dalam PAN ini bisa berbagi data sekaligus terhubung dalam internet. 

Apa Kelebihan Teknologi Jaringan Tipe Personal Area Networking

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jaringan satu ini sangat membantu pengguna. Pasalnya pada era sekarang ini serangan siber dan virus sudah menyebar luas. 

Maka Personal Area Network ini menjadi salah satu jaringan yang bisa kalian andalkan untuk menjaga kerahasiaan data dan file. Apalagi jika menyangkut data pribadi, maka harus ekstra waspada. Berikut adalah kelebihan jaringan Personal Area Network. 

Mudah Diaplikasikan

Dengan fitur yang sudah tersedia pada perangkat pintar yang kalian miliki, mengakses jaringan ini sangat mudah. Kalian bisa membentuk jaringan ini kapanpun dan dimanapun. 

Personal Area Network bisa kalian hubungkan tanpa menggunakan kabel. Hal ini tentu sangat memudahkan kalian sebagai pengguna. 

Koneksi Stabil

Kelebihan Personal Area Network salah satunya adalah memiliki koneksi yang handal. Hal ini terjadi karena pada jaringan pribadi tidak terdapat perangkat berlebih yang mengakses. 

Selain itu, pada jaringan PAN ini, fitur yang digunakan lebih baik dibandingkan dengan jaringan lain. Salah satunya adalah pemanfaatan teknologi frekuensi radio yang lebih canggih. 

Keamanan Data

Kerahasiaan data menjadi salah satu topik yang memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Terlebih jika seseorang mengakses sebuah jaringan publik, biasanya akan terakses data pribadinya. 

Maka itu,jaringan PAN ini memberikan keamanan data yang tinggi bagi pengguna. Jaringan ini menggunakan teknologi enkripsi yang lebih canggih dan kuat untuk menjaga kerahasiaan sebuah data. 

Pengiriman File yang Mudah

Jika biasanya mengirim sebuah data pada jaringan publik terbilang lambat, maka dengan PAN ini kalian akan mendapatkan pengiriman data yang cepat dan efisien. 

Pengirim dan penerima tidak akan terbuang waktunya jika mengirim data menggunakan jaringan PAN. Pastinya jaringan ini dukung dengan koneksi yang cepat dan stabil. 

Kesimpulan

Apa kelebihan teknologi jaringan tipe personal area networking sudah dibahas pada tulisan diatas. Kalian sekarang sudah tahu juga mengenai apa itu jaringan PAN. 

Kalian bisa mencoba jaringan ini dimanapun dan kapanpun. Semua fitur untuk membentuk Personal Area Network sudah tersedia dalam perangkat lintar kalian. 

Posting Komentar untuk "Apa Kelebihan Teknologi Jaringan Tipe Personal Area Networking"