Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet

Apa perbedaan jaringan lokal dan internet menjadi pertanyaan penting. Hal ini karena jaringan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Jaringan menjadi hal yang penting bagi pengguna ponsel, laptop maupun komputer. Pada media komputer, biasanya jaringan ini digunakan untuk keperluan pekerjaan. 

Sedangkan pada media laptop, jaringan biasanya digunakan untuk menyelesaikan tugas kuliah,zoom dengan dosen, ataupun pekerjaan yang memerlukan koneksi internet. 

Lebih lanjut lagi, pada sebuah ponsel, jaringan digunakan utamanya untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh. Bisa juga terkadang digunakan untuk berselancar di media sosial untuk menonton video, mendengarkan musik dan lain sebagainya. 

Tapi kalian pernah mendengar nggak sih bahwa terdapat jaringan lokal dan jaringan internet loh. Jika kalian belum mengetahui, simak saja artikel ini sampai selesai. 

Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet

Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet
Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet

Jaringan merupakan salah satu teknologi yang sangat dibutuhkan di era sekarang ini. Dengan adanya jaringan ini, membuat semua alat komunikasi bisa saling terhubung. 

Jaringan juga dibedakan menjadi dua, yaitu lokal dan internet. Perbedaannya hanya pada area yang dijangkau. Berikut adalah penjelasan detailnya. 

Jaringan Lokal

Jaringan lokal merupakan sebuah jaringan yang terhubung melalui kabel maupun nirkabel dan memiliki jangkauan terbatas. Biasanya digunakan pada area kantor atau sekolah. 

Jadi, penggunaan komputer misalnya pada area kantor, maka kalian hanya bisa menggunakan jaringan pada satu kantor itu saja, tidak bisa untuk dibawa sampai keluar kantor. 

Maka, jaringan lokal ini memang sangat terbatas penggunaannya. Tidak semua orang bisa mengakses jaringan ini karena memiliki sistem keamanan. 

Biasanya jaringan lokal ini disebut dengan LAN (Local Area Network) Selengkapnya kalian bisa membaca artikel tentang apa itu LAN dan fungsinya

Ketika kalian mencoba masuk ke jaringan lokal, maka komputer kalian akan mempunyai IP Address atau alamat IP. Alamat ini berfungsi sebagai identitas. 

IP Address yang kalian punya tersebut selain berfungsi sebagai identitas juga berfungsi sebagai alat pengiriman data dari komputer satu ke lainnya dalam satu jaringan yang sama. 

Meskipun memiliki jaringan yang terbatas, fitur yang disediakan oleh jaringan lokal ini juga cukup optimal dan pastinya sangat stabil saat digunakan. 

Jaringan Internet

Jika jaringan lokal memiliki jangkauan yang terbatas, maka jaringan internet mempunyai jangkauan lebih luas dan paling banyak digunakan di seluruh dunia. 

Jaringan internet menjadi sebuah alat yang bisa menghubungkan banyak komputer di seluruh dunia. Berbeda dengan jaringan lokal yang memiliki batas. 

Pada jaringan internet, pengguna bisa melakukan browsing dan transfer data dengan mudah. Jaringan ini juga tidak memerlukan kabel untuk menghubungkannya. 

Efisiensi yang ditawarkan oleh jaringan internet ini menjadikan jaringan ini banyak digunakan. Kelebihan itulah yang menjadi keunggulan tersendiri dan banyak diakses. 

Maka penting sekali jaringan internet ini untuk mendukung lalu lintas di komputer untuk bertransfer data dan mengakses browser secara online menggunakan koneksi jaringan. 

Meskipun memiliki keunggulan bisa diakses oleh semua komputer tanpa batas, terkadang jaringan internet memiliki kelemahan pada koneksi internetnya yang tidak stabil. 

Hal tersebut bisa terjadi karena beban yang terlalu banyak ketika pengguna komputer menggunakan jaringan internet pada waktu bersamaan. 

Penutup

Itulah penjelasan tentang apa perbedaan jaringan lokal dan internet. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing, kalian bisa mencoba kedua jaringan tersebut. 

Pilihlah jaringan yang optimal dan stabil untuk digunakan pada komputer kalian. Semakin baik jaringannya maka akan semakin cepat pula koneksi internetnya. 

Baca Artikel Lainnya

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Jaringan Lokal dan Internet"