Kenapa Kartu Indosat Tidak Ada Sinyal

Bagi kalian pengguna provider Indosat pasti pernah bertanya kenapa kartu Indosat tidak ada sinyal. Permasalahan ini terjadi hampir di semua nomor pengguna. 

Provider Indosat menjadi salah satu penyedia layanan internet di Indonesia. Selain itu, kartu provider ini juga menyediakan layanan komunikasi jarak jauh dengan menggunakan telepon seluler. 

Pengguna internet banyak yang menggunakan kartu Indosat karena memiliki banyak macam paket data yang bisa dipilih. Mulai dari harian, mingguan sampai bulanan. 

Selain itu, harga yang ditawarkan oleh provider Indosat untuk sebuah kuota sangatlah terjangkau. Harga pulsa yang ditawarkan pun memiliki harga standar di pasaran. 

Hal tersebutlah yang membuat berbondong-bondong orang menggunakan Indosat. Pastinya provider ini memiliki jaringan yang kuat dan stabil menyeluruh ke Indonesia. 

Namun jangan sampai salah, bahwa jaringan Indosat yang stabil dan kuat ini juga memiliki kendala. Bahkan beberapa kali pengguna mengeluhkan kartu Indosat yang tidak ada sinyal sama sekali. 

Kenapa Kartu Indosat Tidak Ada Sinyal

Kenapa Kartu Indosat Tidak Ada Sinyal
Kenapa Kartu Indosat Tidak Ada Sinyal

Permasalahan sinyal hilang pada sebuah kartu memang hampir pernah terjadi di semua provider. Salah satunya adalah provider Indosat. 

Jaringan yang hilang memang terkadang membuat kesal pengguna. Apalagi jika jaringannya sedang digunakan untuk bekerja ataupun berkomunikasi. 

Terlebih lagi jika jaringan sedang digunakan untuk meeting virtual atau sedang zoom dengan dosen. Tentu jaringan yang tiba-tiba hilang akan memutus koneksi internet pengguna tidak bisa lagi mengakses aplikasi Zoom. 

Ada beberapa masalah yang bisa menyebabkan hal ini terjadi. Masalah tersebut tidak sepenuhnya dari pihak Indosat, meskipun terkadang kebanyakan masalah bersumber dari teknis pusat. 

Masalah Pusat Operator

Masalah pertama ini bersumber dari pihak operator. Biasanya pada pihak pusat terdapat pembaharuan atau perbaikan jaringan sehingga menyebabkan layanan terputus sementara. 

Hal tersebut bisa saja berdampak pada koneksi jaringan yang diputus untuk perbaikan maupun pembaharuan. Sebenarnya hal-hal seperti ini tidak akan lama dan bersifat hanya beberapa menit saja. 

Kabel Jaringan Terputus

Jika di daerah kalian tidak ada sinyal Indosat namun di tempat lain masih aman-aman saja, maka bisa jadi terdapat kabel yang terputus di kawasan kalian. 

Kabel jaringan ini bertugas menyalurkan koneksi jaringan ke laptop, ponsel dan lain sebagainya. Sehingga ketika kabel ini terputus, maka seketika sinyal Indosat pun akan ikut menghilang. 

Pemasangan SIM yang Salah

Beberapa pengguna terkadang membuka bagian SIM terlalu sering. Maka kadang terjadi kerusakan pada bagian dudukan yang menyebabkan kartu Indosat tidak terpasang dengan sempurna. 

Permasalahan ini memang akan berdampak pada sinyal hilang karena memang kartu tidak terbaca oleh ponsel. 

Jadi masalah pada sinyal Indosat yang hilang sebenarnya adalah hal wajar yang terjadi pada setiap provider. Asalkan memang jangan setiap hari jaringan Indosat menghilang karena jika hal itu terjadi maka jelas masalah bersumber dari pusat. 

Bagaimana Cara Memulihkan Jaringan yang Hilang?

Terdapat beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi jaringan yang tidak tersedia ini. Bisa saja masalah ini bersumber dari ponsel kalian. 

Caranya pun cukup mudah dipraktekkan, kalian hanya perlu membaca langkah-langkah di bawah ini dan langsung mencobanya. Berikut adalah caranya. 

Restart Ponsel

Pertama kalian bisa mencoba mematikan ponsel kalian. Semua orang pasti sudah tahu cara mudah ini. Biasanya ketika menghidupkan kembali ponsel kita, maka jaringan otomatis muncul. 

Kalian bisa mencoba mematikan ponsel dan diamkan selama 10-15 detik. Setelah itu mencoba kembali hidupkan ponsel dan lihat apakah jaringan Indosat sudah muncul atau belum. 

Cek Bagian Dudukan SIM

Cara yang satu ini menjadi hal yang penting untuk diperhatikan bagi pengguna. Biasanya beberapa orang mengalami keteledoran sehingga memasang kartu pada posisi yang kurang pas. 

Hal tersebut memang akan membuat SIM kalian tidak terbaca oleh ponsel. Maka itu buka bagian dudukan kartu dan coba pasang kembali sesuai dengan aturannya. 

Kesimpulan

Kenapa kartu indosat tidak ada sinyal menjadi pembahasan yang tidak ada habisnya. Masalah tersebut bisa diatasi dengan beberapa langkah mudah. 

Jika kalian masih mengalami kendala setelah mencoba cara di atas, bisa langsung menghubungi pihak Indosat melalui Call Center dengan tekan nomor 185 dan cari daerah yang masih terdapat sinyal Indosat. 

Atau kalian bisa menghubungi Indosat melalui media sosial maupun laman Indosat. Coba menggunakan wifi atau hotspot teman supaya ponsel kalian terdapat akses internet.

Baca Artikel Lainnya

Posting Komentar untuk "Kenapa Kartu Indosat Tidak Ada Sinyal"