Peer To Peer Merupakan Jenis Jaringan

Peer to peer merupakan jenis jaringan yang biasa dijumpai pada perangkat komputer. Jenis ini menjadi salah satu yang paling umum dijumpai di kalangan pengguna internet. 

Umumnya jenis ini digunakan pada lalu lintas komputer untuk transfer ataupun menerima data dari perangkat komputer lainnya dalam satu jaringan yang sama. 

Itulah mengapa pada perangkat komputer yang memang digunakan untuk bekerja seperti di sebuah kantor pasti memerlukan adanya jaringan komputer ini. 

Alasan perangkat komputer memerlukan jaringan sebenarnya cukup jelas, hal tersebut untuk memudahkan berkirim file, data, gambar dan lain sebagainya antar perangkat. 

Salah satu jenis jaringan yang bisa kalian coba gunakan adalah peer to peer. Jika kalian belum mengetahui tentang jenis ini, simak pembahasan di bawah ini sampai selesai. 

Peer To Peer Merupakan Jenis Jaringan

Peer To Peer Merupakan Jenis Jaringan
Peer To Peer Merupakan Jenis Jaringan

Peer to peer adalah salah satu jaringan yang berdasarkan pada konfigurasinya. Dengan kata lain, konfigurasi ini digunakan pada jumlah komputer yang sedikit. 

Dalam jenis jaringan peer to peer, semua komputer yang terhubung dalam jaringan memiliki kedudukan yang sama. Artinya tidak ada server utama dalam jaringan komputer ini. 

Meskipun tidak terdapat sistem yang terpusat atau server, jaringan ini bisa mengatur lalu lintas data dengan baik. Data yang hendak dikirim ke komputer lain tidak akan mengalami salah alamat. 

Pada intinya, ketika kalian ingin menggunakan jaringan peer to peer ini, perangkat  komputer kalian hanya perlu masuk saja dan bisa langsung bekerja sesuai dengan sistem jaringan. 

Peer to peer merupakan jenis jaringan yang bisa diandalkan untuk bekerja. Namun skala komputer yang digunakan mungkin terbatas hanya beberapa perangkat saja. 

Jika kalian memaksa menggunakan perangkat komputer yang banyak dalam jaringan peer to peer ini, biasanya akan membuat lalu lintas data yang susah untuk dikontrol. 

Tiga Karakteristik Jaringan Peer To Peer

Setiap jaringan memiliki karakteristik sendiri-sendiri,salah satunya adalah karakteristik yang dimiliki oleh jaringan peer to peer. 

Terdapat beberapa macam karakteristik yang dimiliki oleh jaringan ini. Berikut kami tampilkan tiga karakteristik jaringan peer to peer yang bisa kalian pahami. 

Tidak Ada Komputer Server

Selaras dengan apa yang sebelumnya sudah dibahas pada pembahasan di atas, jaringan ini tidak memiliki komputer pusat yang digunakan sebagai pengatur jaringan. 

Semua komputer yang terhubung dalam jaringan peer to peer ini akan berperan sebagai klien dan server. 

Tidak Ada Kontrol Keamanan

Salah satu karakteristik yang perlu kalian pahami mengenai jaringan peer to peer ini adalah pada bagian keamanannya. 

Keamanan pada jaringan peer to peer sangatlah lemah. Hal ini karena memang tidak ada komputer terpusat yang mengatur mengenai sistem keamanan dalam jaringan. 

Tidak Memerlukan Spesifikasi Komputer Tertentu

Jaringan peer to peer berbeda dengan jenis jaringan lainnya yang memerlukan syarat untuk menggunakan jenis komputer yang sama supaya terhubung ke dalam jaringan. 

Tidak adanya spesifikasi ini membuat jaringan peer to peer mudah sekali diakses oleh berbagai perangkat komputer. Hal ini memang menjadi hal yang menguntungkan bagi pengguna. 

Apa Kelebihan Jaringan Peer To Peer?

Pada jenis jaringan, beberapa keunggulan yang ditawarkan kepada pengguna memang sangat menarik. Salah satunya adalah semua perangkat komputer memiliki kedudukan atau hak yang sama. 

Penggunaan jaringan komputer yang tidak menggunakan server memang menjadi kelebihan tersendiri bagi jaringan peer to peer ini. Setiap host juga akan berperan menjadi client dan server. 

Selain itu, pada jaringan peer to peer ini memiliki implementasi yang mudah dilakukan. Pemasangan jaringan ini hanya memerlukan instalasi pada komputer peer dan langsung menghubungkannya. 

Jelas memang peer to peer ini memiliki keunggulan tersendiri daripada jenis lainnya. Apalagi pada jaringan ini tidak memerlukan software administrasi khusus. 

Kesimpulan 

Peer to peer merupakan jenis jaringan yang perlu kalian coba. Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, bisa memudahkan kegiatan kalian dalam bekerja. 

Jaringan peer to peer ini juga sangat mudah dipasang dan diaplikasikan. Hanya perlu sedikit perangkat keras untuk mencoba membentuk jaringan ini dan menghubungkannya ke perangkat komputer. 

Akhir kata, pembahasan mengenai peer to peer ini bisa kalian perjelas dengan membaca dari berbagai sumber lain. Kami hanya memberikan penjelasan sederhana mengenai sistem jaringan ini.

Posting Komentar untuk "Peer To Peer Merupakan Jenis Jaringan"