5 Penyebab WiFi Limited dan Cara Memperbaikinya

5 penyebab WiFi limited dan cara memperbaikinya menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh pengguna. Pasalnya masalah seperti ini biasanya membuat geram pengguna WiFi. 

Perkembangan internet pada era sekarang ini semakin bertambah pesat seiring berjalannya waktu. Bukan tanpa alasan, sebab berbagai inovasi terus bermunculan guna mendukung kegiatan internet ini. 

Biasanya orang-orang menggunakan jaringan pribadi untuk mengakses internet. Terdapat sebagian orang yang mengakses internet menggunakan data seluler pribadi dengan membeli melalui provider atau operator. 

Namun, ada pula sebagian pengguna internet yang lebih memilih menggunakan WiFi. Alasannya cukup jelas karena biaya menggunakan WiFi jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan jaringan dari operator. 

Tetapi WiFi memiliki satu permasalahan utama yaitu tidak bisa dibawa kemanapun. Berbeda dengan data seluler jaringan dari operator yang efisien karena bisa diakses dimanapun dan kapanpun pengguna mau. 

Selain permasalahan utama tersebut, ada pula masalah yang sering menimpa WiFi yaitu jaringan limited. Jika kalian belum mengetahui tentang pengertian limited, bisa simak pembahasannya di bawah ini. 

Apa Itu WiFi Limited Access? 

Salah satu layanan jaringan yang bisa digunakan untuk terhubung ke internet adalah WiFi. Jaringan satu ini bisa membuat pengguna bisa mengakses internet namun biasanya memiliki batasan akses. 

Masalah utama yang kerap kali menimpa WiFi adalah Limited Access. WiFi yang terdapat notifikasi limited ketika tersambung di perangkat, maka jaringan tersebut tidak akan bisa tersambung ke internet. 

Limited Access merupakan salah satu masalah yang muncul karena banyaknya perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi yang sama. Dengan adanya beban yang terlalu banyak ini membuat WiFi tidak bisa memberikan koneksi internet. 

Atas hal tersebut, sehingga perangkat bisa terhubung ke jaringan WiFi namun tidak bisa digunakan untuk berselancar di internet maupun membuka aplikasi media sosial. 

Penyebab WiFi Limited dan Cara Memperbaikinya

5 Penyebab WiFi Limited dan Cara Memperbaikinya
5 Penyebab WiFi Limited dan Cara Memperbaikinya

Suatu permasalahan biasanya muncul karena ada penyebabnya. Penyebab dari masalah ini bisa terjadi dari faktor internal maupun eksternal, sama halnya dengan masalah limited access ini. 

Permasalahan ini bisa saja terjadi karena adanya penyebab dari router maupun dari pihak lain. Selengkapnya kalian bisa simak pembahasan tentang penyebab limited access dibawah ini. 

1. Lokasi Router

Sebagian besar pengguna WiFi tidak memperhatikan tentang satu hal penting ini yaitu mengenai pemasangan router harus di tempat terbuka dan bisa menjangkau semua bagian yang diinginkan. 

Jika pemasangan router ternyata pada tempat yang tertutup, maka biasanya hal ini akan mengakibatkan kualitas sinyal yang lambat. Hal tersebutlah yang akan membuat WiFi mengalami limited access. 

2. Jarak Perangkat Dari Router

Selain memperhatikan lokasi pemasangan router, perlu diperhatikan pula tentang penggunaan perangkat smartphone atau laptop dengan server. Semakin jauh jarak perangkat dengan router, maka akan berdampak pada kualitas jaringan pula. 

Maka biasanya perangkat akan tetap terhubung dengan WiFi namun dengan kekuatan jaringan yang lemah. Hal tersebut tentunya akan membuat limited access menjadi muncul. 

3. Frekuensi Padat

Penggunaan jaringan WiFi pada umumnya digunakan di rumah,sekolah dan juga tempat kerja. Pada jaringan rumah, perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi bisa dihitung dengan jari, namun berbeda ketika di tempat kerja. 

Perangkat yang menggunakan WiFi pada tempat kerja sangatlah banyak, biasanya kelebihan kapasitas ini akan membuat router mengeluarkan peringatan limited access ke masing-masing perangkat yang terhubung. 

4. WiFi Mengalami Peretasan

Pada jaringan nirkabel seperti WiFi jika tidak didukung dengan keamanan yang ketat, maka akan mudah diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Biasanya peretas ini akan ikut menikmati jaringan WiFi yang berhasil dibobol. 

Dengan adanya peretasan ini, perangkat yang terhubung ke server kita pasti akan semakin banyak, pastinya hal ini akan memperlambat koneksi jaringan .Selain itu, WiFi yang sudah diretas ini juga akan rentan dengan masalah keamanan. 

5. Router Rusak

Pada setiap barang teknologi pasti ada masa kerja efektif penggunaan, sama halnya dengan router. Alat satu ini biasanya akan efektif digunakan pada kurun waktu sekitar 2-5 tahun saja. 

Semakin lama penggunaan sebuah router, maka biasanya akan berdampak pada kualitas jaringan yang disalurkan. Pastinya hal tersebut akan membuat WiFi mengalami limited access

Cara Memperbaiki WiFi Limited

Setelah mengetahui tentang penyebab mengapa WiFi mengalami masalah limited access, sekarang kalian perlu tahu cara mengatasinya. Berikut adalah beberapa solusi yang bisa kalian gunakan. 

1. Pindahkan Router

Jika penyebab dari permasalahan ini adalah karena pemasangan router yang tertutup, maka kalian bisa memindahkannya ke tempat yang lebih terbuka. Tempat yang luas ini akan membuat router bisa menyalurkan koneksi jaringan secara optimal. 

2. Matikan Router

Ketika kalian memiliki router yang sudah berumur dan sering mengalami limited access, maka cara paling mudah memperbaikinya adalah dengan mematikannya terlebih dahulu. 

Tentunya dengan mematikan router terlebih dahulu, akan membuat alat ini bisa menjadi dingin. Sebab permasalahan utama dari router yang sudah berumur adalah biasanya cepat panas mesinnya. 

3. Jarak Antara Router dan Perangkat

Cara selanjutnya untuk memperbaiki masalah limited access adalah dengan mendekatkan perangkat ke router. Semakin dekat jarak antar keduanya maka akan semakin kuat pula jaringan yang dihadirkan. 

Akhir Kata

Pembahasan tentang 5 penyebab WiFi limited dan cara memperbaikinya sudah kalian ketahui pada pembahasan di atas. Tentunya sekarang tidak perlu cemas lagi dengan masalah limited access. 

Pastikan untuk selalu perhatikan lokasi pemasangan router, jangan sampai salah memilih tempat untuk memasang router yang berdampak pada kualitas jaringan nantinya. 

Posting Komentar untuk "5 Penyebab WiFi Limited dan Cara Memperbaikinya"