Cara Mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tak Bisa Internetan

Cara mengatasi data seluler aktif tapi tak bisa internetan bisa kalian simak pada pembahasan berikut ini. Tentunya kalian pasti pernah mengalami hal seperti ini. 

Data seluler pada sebuah smartphone merupakan hal penting yang harus selalu bisa digunakan. Bukan tanpa alasan, sebab penggunaannya diperuntukan guna mendukung optimalnya sebuah smartphone. 

Sebuah smartphone biasanya digunakan untuk mengakses internet, media sosial dan juga game online. Hal-hal tersebut tentu membutuhkan sebuah jaringan supaya bisa diakses. 

Pada smartphone, mengakses internet, media sosial dan lain sebagainya tentu membutuhkan data seluler supaya terdapat jaringan. Pastinya penting sekali kegunaan dari data seluler ini. 

Namun demikian, adakalanya sebuah data seluler mengalami gangguan seperti tidak bisa dipakai untuk mengakses internet. Hal tersebut tentu akan membuat geram pengguna. 

Penyebab Data Seluler Mengalami Masalah

Pada pengguna smartphone, permasalahan mengenai jaringan pastinya sudah tidak asing lagi. Hal tersebut karena penggunaan jaringan memang sangat dibutuhkan dan selalu dibutuhkan ketika menggunakan ponsel. 

Permasalahan pada data seluler aktif tapi tidak bisa mengakses internet merupakan masalah yang kerap kali mengganggu pengguna. Kondisi seperti ini tentu akan membuat bingung pengguna tentang apa penyebabnya. 

Gangguan atau permasalahan tersebut bisa terjadi karena terjadi error pada sistem ponsel atau terserang virus. Selain itu bisa juga penyebabnya adalah karena sedang gangguan pada operator dan slot atau dudukan sim card bermasalah. 

Penyebab di atas menjadi faktor utama yang sering menjadi permasalahan pada data seluler dan jaringan. Tentunya kalian perlu memperhatikan hal-hal tersebut supaya tidak terjadi permasalahan serupa. 

Namun demikian, setiap masalah pasti ada solusinya. Kami merangkum beberapa solusi yang bisa kalian coba untuk memecahkan permasalahan mengenai data seluler sudah hidup tapi tidak bisa dipakai untuk mengakses media sosial maupun internet. 

Cara Mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tak Bisa Internetan

Cara Mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tak Bisa Internetan
Cara Mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tak Bisa Internetan

Setelah mengetahui penyebab dari permasalahan tentang data seluler ini, kalian bisa mencoba beberapa solusi mudah untuk memulihkan kembali smartphone supaya menjadi optimal seperti sedia kala. 

Aktifkan Mode Pesawat

Cara mudah pertama yang bisa kalian coba lakukan adalah dengan menghidupkan mode pesawat. Fungsi dari mode pesawat ini adalah untuk merefresh jaringan kalian. 

Biasanya beberapa pengguna ketika sedang mengalami masalah pada jaringan akan menggunakan cara ini. Tentunya jika belum berhasil, maka kalian perlu mencoba solusi kedua. 

Atur Ulang APN ( Access Point Name) 

Solusi kedua untuk mengatasi data seluler aktif tidak bisa untuk mengakses internet adalah dengan mengecek APN di smartphone. Access point menjadi hal penting yang harus diketahui oleh pengguna. 

Pemilihan APN yang tepat akan memberikan jaringan yang lebih bagus untuk smartphone. Cara mengaturnya pun cukup mudah, kalian hanya perlu pergi ke menu pengaturan. 

  1. Pertama buka pengaturan. 
  2. Kemudian kalian pilih SIM dan Jaringan Seluler
  3. Setelah itu klik Nama Titik Akses atau APN. 
  4. Pilih buat baru APN
  5. Terakhir kalian masukan Access Point yang sesuai dengan operator yang digunakan. 

Hubungi Operator

Cara ketiga jika kalian masih belum berhasil memecahkan masalah tentang data seluler ini adalah dengan menghubungi pihak operator yang sedang kalian gunakan. 

Sekarang ini berbagai operator sudah menyediakan berbagai macam metode penyampaian layanan dan aduan. Kalian bisa mencoba menghubungi melalui media sosial maupun nomor Customer Service. 

Lepas Kartu SiM

Cara terakhir yang bisa kalian gunakan adalah dengan melepas sejenak kartu perdana kalian pada dudukan SIM. Caranya kalian perlu membuka dudukan kartu dan melepas kartu perdana kalian. 

Langkah selanjutnya kalian perlu mengecek apakah ada kerusakan pada kartu perdana. Selain itu perlu juga melihat pada bagian dudukan SIM yang bisa saja terjadi kerusakan. 

Setelah semuanya dirasa aman, kalian pasang kembali kartu SIM dan lihat apakah jaringan sudah muncul atau belum. Jika masih belum muncul, maka kalian perlu mengecek paket data internet. 

Cek Paket Internet

Hal penting yang terkadang sering diabaikan untuk dicek adalah paket data internet. Permasalahan data seluler yang aktif dan tidak bisa untuk internetan bisa saja terjadi karena habisnya masa aktif kuota internet kalian. 

Kesimpulan 

Cara mengatasi data seluler aktif tapi tak bisa internetan sudah kalian ketahui pada pembahasan di atas. Tentunya sekarang tidak perlu panik lagi ketika mengalami masalah tersebut. 

Penggunaan data seluler yang baik juga menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan. Selalu cek pula pengaturan pada smartphone ketika mengalami masalah pada layanan data seluler. 

Jangan lupakan juga tentang SIM card, barangkali kartu perdana menjadi penyebab data seluler aktif tapi kartu mengalami kerusakan. Pastikan untuk mengecek dudukan kartu perdana kalian pada smartphone. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Data Seluler Aktif Tapi Tak Bisa Internetan"