Tips Menghemat Kuota Data Internet di HP Android

Tips menghemat kuota data internet di HP Android terkadang diperlukan oleh sebagian besar pengguna. Bukan tanpa alasan, sebab semakin irit kuota yang digunakan maka akan semakin hemat pula uang yang dikeluarkan. 

Smartphone pada saat ini sudah berkembang dengan pesat. Ada berbagai macam merk ponsel yang bertebaran di pasaran, ada yang berharga 1 Jutaan sampai dengan puluhan juta. 

Selain perkembangan pada smartphone yang semakin canggih, internet pun mengalami kemajuan yang pesat. Hal tersebut ditandai dengan adanya berbagai aplikasi media sosial yang bermunculan. 

Namun semakin canggihnya smartphone dan semakin majunya internet, hal itu membuat penggunaan kuota semakin banyak pula. Apalagi bagi pengguna yang tidak menggunakan jaringan WiFi. 

Untuk mengatasi borosnya kuota terkhusus pada HP Android, kami memiliki beberapa tips yang bisa kalian praktekkan. 

Tips Menghemat Kuota Data Internet di HP Android

Tips Menghemat Kuota Data Internet di HP Android
Tips Menghemat Kuota Data Internet di HP Android

Penggunaan kuota internet pada era sekarang ini semakin besar dan boros. Ternyata penyebab dari masalah tersebut adalah karena banyaknya aplikasi media sosial yang bertebaran pada saat ini. 

Terdapat berbagai macam media sosial dengan fungsi yang beragam, namun ternyata semuanya sama saja mengandung konten video. Menonton video menggunakan data memang menyebabkan boros kuota. 

Dengan adanya masalah borosnya data pengguna tersebut, pada artikel ini akan dijelaskan mengenai tips menghemat kuota. Berikut adalah penjelasan lengkapnya yang bisa kalian simak sampai habis. 

1. Turunkan Kualitas Video

Pada saat ini, hiburan bagi sebagian besar orang adalah dengan menonton video di internet. Biasanya orang-orang akan menonton video di YouTube maupun aplikasi media sosial lainnya. 

Menonton video pada YouTube dengan waktu yang lama pasti akan memakan kuota yang banyak jika tidak menggunakan WiFi. Maka itu pengguna bisa menghemat penggunaan kuota dengan cara menurunkan kualitas videonya. 

Ada banyak pilihan kualitas video yang bisa kalian pilih. Tentunya semakin kecil kualitas video yang ditonton, maka akan semakin menghemat pula penggunaan kuotanya. 

2. Hindari Mengunduh Berkas Menggunakan Data Seluler

Tips selanjutnya untuk menghemat kuota data pada Android adalah dengan mengelola pengaturan dalam mengunduh berkas, gambar dan video. Kalian bisa mengatur pengunduhan berkas hanya menggunakan WiFi saja, tidak menggunakan data seluler. 

Pengunduhan berkas, foto dan video ini biasa ditemukan pada aplikasi Chatting seperti Whatsapp, terlebih bagi kalian yang masuk ke banyak grup. Mengatur pengunduhan hanya dengan menggunakan WiFi saja tentu sangat menghemat kuota kita. 

3. Mengontrol Penggunaan Data Atau Kuota

Tips selanjutnya yang bisa kalian lakukan dalam menghemat kuota adalah dengan mengontrol penggunaan. Kalian bisa cek sisa kuota secara berkala di kode UMB atau melalui aplikasi provider yang kalian gunakan. 

4. Kelola Update Play Store menggunakan Data Seluler. 

Kalian pastinya setuju mengunduh update aplikasi menggunakan data seluler akan membuat kuota menjadi boros. Nah untuk mengatasi hal tersebut, kalian perlu mengelola koneksi untuk update aplikasi di Playstore. 

Google Play Store memberikan fitur supaya pengguna bisa mengunduh update aplikasi hanya menggunakan WiFi saja. Untuk mengatur hal tersebut, pengguna perlu masuk ke pengaturan. 

Akhir Kata

Tips menghemat kuota data internet di HP Android sangat diperlukan bagi kalian yang tidak menggunakan WiFi. Pada pembahasan diatas kalian sudah menyimak beberapa tips untuk mengatasi masalah boros kuota ini. 

Tentunya 4 tips menghemat kuota yang sudah dijelaskan tadi bisa diaplikasikan pada smartphone Android kalian. Selalu cek kuota secara berkala supaya tahu mengenai penggunaan kuota yang kalian miliki. 

Posting Komentar untuk "Tips Menghemat Kuota Data Internet di HP Android"